Datsun mi-DO Siap Mengempur Pasar Mobil Dunia

  • Whatsapp

 
 
Datsun mi-DO (2)
Autorev – Datsun, kini hadir di pasar Rusia yang dinamis, penampilan pertamanya itu bersamaan dengan gelaran bergengsi, Moskow International Autosalon (MIAS) dengan mempertunjukan dua model baru.
Datsun on-DO sedan, diluncurkan awal tahun ini dan pengiriman ke pembelinya akan dimulai pada September nanti.  Dalam acara ini pula akan diluncurkan model global yaitu Datsun mi-DO, sedan hatchback, dimana penjualan secara global akan dimulai pada awal 2015.
Datsun on-DO mulai dipasarkan pada April tahun ini, dengan pemesanan melalui bank dibuka pada Juli. Terlihat masyarakat Rusia begitu antusias menyambutnya, telah ada 2.000 pemesanan selama pameran digelar.
Pengiriman pertama akan dilakukan diakhir  MIAS, tapi spesialis IT Mikhail (29) dari kota Omsk – pelanggan pertamanya diundang ke acara di mana ia diberi kunci simbolik untuk menandai peristiwa bersejarah ini.  MIAS telah menjadi panggung untuk mengungkap produk global kedua dari Datsun line-up.
Tipe baru, Datsun mi-DO merupakan sedan hatchback 5 pintu yang praktis dan sporti  berpenampilan maskulin bergaya kuat,  berani, khas dan keren. Paling menonjol di mobil ini adalah gril dengan potongan mirip huruf ‘D’ diapit oleh lampu proyektor. Bagian depannya berkesan memanjang, membentang dari gril ke fender untuk menciptakan tampilan yang membedakan antara sedan dan hatchback.
Meskipun berbagi jarak poros dan sama-sama berpenggerak roda depan seperti Datsun di-DO, Datsun mi-DO memiliki panjang dibawah panjangnya Datsun di-DO.  Ini ditujukan agar mobil bisa bergerak lebih gesit lagi. Kedua mobil sama-sama mempunyai jarak poros 2.476mm, tinggi 1.500 mm dan lebar 1.700mm, tapi panjang Datsun mi-DO adalah  3.950mm sedangkan Datsun di-DO di 4.337mm.
Datsun mi-DO telah diperlengkapi dengan baik. Kenyamanan dan keamanan menjadi prioritas, setiap versi akan memiliki kantong udara pengemudi dan penumpang serta ABS. Perlengkapan standar akan mencakup paket musim dingin dengan kursi dan kaca spion pintu berpemanas. Spion yang berpemanas akan tetap jernih pada cuaca buruk sekalipun, memberikan pandangan kejalan tetap optimal.  Mobil pun akan terasa harlus saat melaju karena mesinnya bersuara halus juga noisi akibat terpaan angin telah dibuat minimum.
Sementara sumber tenaganya berasal dari mesin 1,6 liter 8 katup bertenaga 87tk, digabung dengan transmisi otomatis 4 kecepatan sebagai standar.  Sebagai opsi ada transmisi manual 5 kecepatan.
Nama Datsun on-DO dan Datsun mi-DO mencerminkan nama yang bersifat internasional, meliputi Jepang, Inggris dan Rusia. DO adalah kata dalam bahasa Jepang yang berarti ‘bergerak’ atau juga mengacu pada ‘cara’ melakukan sesuatu.  ‘on’ adalah kata Rusia yang berarti  ‘dia’ sementara ‘mi’ terdengar seperti kata Inggris ‘me’ merupakan personalisasi dari mobil.
foto: datsun