IIMS 2014 Usung Tema Smart & Safe Mobility

  • Whatsapp

IIMS 2014 Usung Tema Smart & Safe Mobility
Autorev- Gelaran Indonesia International Motor Show 2014 yang akan berlangsung 18 – 28 September 2014 mengusung tema “Smart & Safe Mobility”, sebuah sistem transportasi interkoneksi yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas manusia yang semakin kompleks dan semakin menuntut. Sebuah solusi cerdas dengan memanfaatkan teknologi terkini untuk menerapkan efisiensi, mengurangi pemborosan bahan bakar, serta mengurangi emisi gas buang berlebih yang juga memperhitungkan sisi keamanan dan kenyamanan pengendara dan pengguna jalan lainnya.
Pemilihan tema pilihan IIMS 2014 “Smart & Safe Mobility”, merupakan bentuk komitmen GAIKINDO mendukung dan mensosialisasikan cara cerdas bertransportasi dengan memanfaatkan teknologi dan sistem yang terintegrasi yang saling berhubungan dengan infrastruktur kendaraan.
Namun Johnny Darmawan, ketua penyelenggara IIMS 2014 mengingatkan bahwa teknologi terkini yang digunakan pada produk mobil tidak akan efektif tanpa adanya kesadaran pengendara, melalui tema “Smart & Safe Mobility” penyelenggara ingin mengingatkan pentingnya hubungan antara pengendara, dengan kendaraannya, “Teknologi kendaraan yang didukung kesadaran pengendaranya tentu akan jauh lebih efektif mencegah kecelakaan fatal dan tentunya pada akhirnya akan menciptakan efisiensi baik bahan bakar maupun emisi,” jelas Johnny. Ia juga menekankan kesadaran berkendara pada akhirnya akan mewujudkan lingkungan yang lebih baik, dan nyaman bagi semua pihak.
Dukungan juga datang dari peserta IIMS 2014, beberapa APM telah mengkonfirmasikan rencana mereka untuk membawa teknologi terbaru mereka di IIMS 2014. Seperti Daihatsu, yang akan menampilkan 13 unit mobil pada booth-nya yang terdiri dari 6 unit mobil konsep dan 7 unit mobil current model. Mobil konsep konsisten ditampilkan Daihatsu sebagai sarana edukasi bagi masyarakat luas sekaligus memperkenalkan inisiatif-inisiatif Daihatsu dalam mengembangkan teknologi otomotif yang efisien dan ramah lingkungan.
Pada IIMS 2014, Subaru akan meluncurkan tiga produk baru bagi pasar Indonesia, yakni All-New WRX, WRX STI, dan XV STI Performance Editions Selain peluncuran produk baru, dengan bangga Subaru juga akan memamerkan kendaraan konsep dari Forester Cutaway dan varian VIZIV yang sebelumnya dipamerkan untuk pertama kalinya pada the 84th Geneve Motor Show awal tahun ini. Tidak hanya Daihatsu dan Subaru, Mitsubishi juga memberikan bocoran bahwa mereka akan memperkenalkan teknologi terbaru yang dibenamkan dalam produk baru mereka yang masih dirahasiakan pada IIMS 2014.
Dukung Industri Otomotif Makin Indonesia
IIMS 2014 juga ingin menunjukkan dukungannya terhadap perkembangan industri otomotif lokal. GAIKINDO sendiri telah lama mendorong majunya industri pendukung asli Indonesia, dan saat ini GAIKINDO mengharapkan penggunaan kandungan lokal dalam produksi kendaraan roda empat dapat mencapai 87% setelah sebelumnya target penggunaan kandungan lokal sebesar 80 – 85% telah dicapai.
Untuk mendukung industri lokal, IIMS 2014 bekerjasama dengan Departemen Perindustrian akan merangkul Industri kecil menengah (IKM), untuk memamerkan hasil produksi mereka selama pameran berlangsung. Selain itu IIMS juga akan memboyong beberapa karya mahasiswa teknik dari universitas ternama seperti Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti. “IIMS ingin memberikan dukungan untuk perkembangan industri otomotif Indonesia, dan tanpa terkecuali tahun ini, kami harapkan dengan dihadirkannya produk karya anak bangsa akan mendapatkan sorotan lebih baik dan tentunya dapat mendorong perkembangannya,” tutur Johnny Dharmawan, ia juga menambahkan bahwa harapan akhirnya agar produk buatan lokal dapat menjadi raja di negerinya sendiri.
Berbagai program sosial juga disasarkan untuk menfasilitasi dukungan untuk perkembangan generasi muda, tahun ini IIMS kembali mengadakan program Student Visit to APM Assembling Plant. Selain itu IIMS juga kembali akan mendonasikan lebih dari 5.000 buku yang memiliki muatan pesan mendidik untuk balita dan usia sekolah, sasarannya adalah anak jalanan dan juga anak yang putus sekolah. Diharapkan melalui buku anak-anak tersebut akan kembali termotivasi untuk belajar agar dapat membangun hidup yang lebih baik.
Fasilitas Pick Up Point Baru
Selain lahan parkir di area JIExpo, panitia telah menyediakan beberapa kantung parkir tambahan yang berada di sekitar area pameran yakni di Mega Glodok Kemayoran dan yang terbaru ada di Mangga Dua Square. Di kedua tempat ini panitia menyediakan free shuttle service yang akan mengantarkan pengunjung ke area pameran dan sebaliknya.
Panitia juga menyediakan layanan free shuttle bus dari beberapa titik mal di Jakarta seperti di Central Park, Mal Artha Gading, Margo City Depok, Pondok Indah Mal, Tamini Square dan yang terbaru ada di Fx Sudirman, khusus di Fx Sudirman, pengunjung IIMS 2014 yang menggunakan layanan shuttle bus akan mendapatkan parkir gratis selama 1 jam.
Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota, tersedia free shuttle service pick-up point di stasiun kereta Djuanda. Layanan free shuttle service dari Bandung melalui kerjasama denganDay Trans, dengan titik keberangkatan dari Cihampelas, Dipatiukur dan Pasteur.