McLaren P1™ GTR , Tawarkan Kinerja Lebih Ekstrim

  • Whatsapp

McLaren P1™ GTR , Tawarkan Kinerja Lebih Ekstrim_7
Autorev – Dua puluh tahun lalu, beberapa waktu sebelum diluncurkan McLaren F1 GTR mulai diuji agar bisa turut serta dalam musim balap GT pada 1995. Sebagai turunan dari mobil balap, versi jalan rayanya lebih dulu dibuat. Diharapkan kedepannya mobil ini bisa menorehkan kembali kesuksesan yang pernah diraih diajang balap dunia. Dua dekade berlalu, dan selimut penutupnya pun dibuka, McLaren P1™ GTR sebagai mobil konsep tampil di acara Pebble Beach Concours d’Elegance di California. Konsep bergaya racing agresif adalah tampilan akhir menuju proses produksi. Dan sekarang telah masuk ketahap berikutnya dimana tim pengembangnya bekerja untuk mengoptimalkannya agar bisa segera hadir di arena balap.
Tidak perlu lagi mengindah aturan untuk mobil jalan raya, McLaren P1™ GTR memang dibuat khusus untuk penggunaan di arena balap dan nantinya akan menjadi mobil balap paling bertenaga yang dikendarakan oleh pebalap terbaiknya. Penekanan perubahan terbesar ada pada kinerja sistem aerodinamis bodi, didukung ban slick, ketinggian dibuat permanen, penerus gerak dari IPAS dan DRS seperti milik Formula l ™, sayap belakang, serts sistem ERS push-to-pass. Gabungan dari semuanya itu diharapkan bisa memberikan pengalaman tersendiri saat berada di arena balap.

Pengoptimalan Sistem Aerodinamis
Berdasarkan mobil jalan raya McLaren P1™, konsep desain dari mobil balap McLaren P1™ GTR terfokus pada pengoptimalam perangkat aerodinamis yang lebih efisien pada sekujur bodinya agar bisa didapat kinerka lebih optimal, didapat pengendalian yang superior dan mengoptimalkan perhatian pengendara pada jalur balap.
Konsep desain bagian depan McLaren P1™ GTR, diperpanjang 80mm membuatnya terlihat lebih agresif dibanding gaya lubang angin milik GT. Dilakukan pengprofilan ulang untuk saluran pendingin radiator dan berujung di bagian poros roda depan.
Bodinya, terbuat dari bahan serat karbon dengan model rangka MonoCage dan dibuatkan saluran pengalir udara di roda depannya. Sebagai tambahan agar lebih aerodinamis, dibuatkan pengarah mulai roda depan yang bertujuan untuk memperlancar aliran udara dari roda depan. Perangkat aero ini mengalir mulus di sepanjang tepi bawah pintu model dihedral. Ada pula panel samping tambahan di bagian belakang yang berfungsi sebagai saluran untuk memperlancar pendinginan radiator, juga meningkatkan kinerja aerodinamis di bagian belakang.
Profil dari konsep desain McLaren P1™ GTR tetap dramatis, suspensi balap dengan pengaturan ketinggian tetap  dan lebih rendah dari mobil standar. Asupan udara model snorkel, terinspirasi desain asli McLaren F1. Kaca spion telah direposisi ke pilar A, agar lebih dekat ke garis mata pengemudi dan mengurangi  aerodinamis, sedangkan disisi dalam pintunya terdapat pula saluran udara untuk menyempurnakan pendinginan di ruang mesin.
Velg alloy ringan 19 inci dengan lebar 10,5 inci di depan dan 13 inci di bagian belakang, dikecangkan dengan  baut tunggal untuk mempercepat proses bongkar-pasang. Penggantian ban dibuat lebih mudah dengan adanya dongkrak udara yang terpasang langsung dimobilnya, sama seperti yang dipergunakan di McLaren 650S GT3.
Di bagian belakang, terdapat sayap besar yang melebar sukuran bodinya, disangga tiang berbahan serat karbon. Sayap tinggi tetap dilengkapi dengan hidrolik  berkaitan dengan penggunaan sistem Drag Reduction System (DRS) untuk membantu memperbaiki akselerasi serta menambah tekanan kebawah (down force). McLaren hukum P1™ versi jalan raya sayapnya bisa disimpan di bagian belakang dan dikeluarkan saat berada pada kecepatan tinggi.
Di bawah sayap belakang dibagian tengah ditempatkan knalpot model baru, hasil rancangan baru eksklusif untuk McLaren P1™ GTR. Knalpot dibuat dari bahan inconel (paduan nikel, kromiun dan besi, sangat tanah panas dan korosi) dipadu denga titanium, sistem memaksimalkan karakteristik suara dari mesin 3.8-liter twin turbo V8. Desain knalpotnya memang telah berubah, asalnya dengan pipa lurus kembar sekarang digunakan di knalpot tunggal.
Konsep desain McLaren P1™ GTR didukung dengan penggunaan ban slick yang dirancang khusus oleh Pirelli bekerja sama dengan McLaren. Ban dirancang agar memiliki daya cengkram lebih baik dan stabil saat menikung. Karakteristik ini memungkinkan dilakukan pengereman lebih lambat dari semestinya saat memasuki tikungan dan bisa melakukan akselesrasi lebih awal saat keluar dari tikungan. Ini akan mempergaiki waktu tempuh setiap putarannya.

Interpretasi Modern
Konsep desain di Pebble Beach, dengan tampilan yang mengingatkan kembali ke McLaren dan lengkap dengan lambang  GTR. Selama program pengujian F1 GTR, mobil uji bernomor rangka # 01R, dibalut warna khasnya yaitu oranye dan perak. Pewarnaan model ini nantinya akan dipergunakan pula pada mobil dengan nomor rangka 01.  Selanjutnya mobil akan kembali bertarung untuk kembali meraih kemenangan seperti yang pernah diraih dilomba ketahanan le Mans 24 jam pada 1995 lalu.
Program Pengendara Untuk McLaren P1™ GTR
Konsep baru pada peluncuran McLaren P1™ GTR termasuk program untuk pengendaranya. Program kepemilikan mobil ultra-eksklusif McLaren P1™ GTR mencakup pelatihan khusus bagi para pengendaranya, pengujian kemampuan pengendara, dan akses ke simulator mobil McLaren. Rancangan ini ditujukan untuk mempersiapkan setiap pengendaranya dari sisi mental dan fisik agar bisa sepenuhnya memanfaatkan kemampuan dari McLaren P1™ GTR. Program ini hanya bisa diikuti setelah sebelumnya melakukan pendaftaran, karena akan disesuaikan secara khusus bagi setiap pesertanya.
Program bagi pengendara McLaren P1™ GTR juga menjadi klub pemilik paling eksklusif di dunia dan memberikan pengalaman tak tertandingi bagi pemiliknya nanti. McLaren Special Operation akan mempersiapkan seluruh mobilnya, dan mengatur semua program-program yang akan dilakukan. Salah satunya dan paling menarik adalah mengendarakan mobil-mobil balap yang pernah dibuat dan dikembangkan, juga akses melihat teknologi yang dimiliki serta berkenalan dengan orang-orang di seluruh McLaren Technology Centre. Setiap pengalaman akan menjadi unik dan dirancang khusus, membuat pemiliknya menyatu dengan keseluruhan McLaren. Juga akan mendapatkan akses ke sumber daya yang telah membantu mengembangkan dan melatih para juara Formula 1™. Semua ini mencakup bekerja sama tim terdiri dari profesional yang telah lama dan berpengalaman di dunia balap. Termasuk didalamnya para teknisi balap, perancang dan penguji mobil balapnya.