Mobil 7 Penumpang Sarat Teknologi

  • Whatsapp
Mobil 7 Penumpang Sarat Teknologi
Autorev – Volvo XC90 baru kemungkinan akan terungkap sepenuhnya pada tahun ini, tampil pertama kalinya di Paris Motor Show 2014. Tapi tampilannya sudah bisa dilihat dibeberapa situs yang ada.  XC90 generasi ke-dua akan menjadi langkah besar dalam pengembangan Volvo di bawah pemiliknya dari Tiongkok, Geely.
Bentuknya berupa, lampu ramping berdampingan dengan gril model baru, menjadikannya tampil khas didukung pula oleh lampu LED berbentuk huruf  T.  Bagian depannya didesain sangat halus dan bagian belakang  berpinggul serta lampunya memberikan kesan khusus serta menhasilkan pencahayaan sangat baik bagi pengendara di belakang.
XC90 adalah model pertama yang dibuat dengan proses yang dinamakan Scalable PlatformArchitectur (SPA), dan ini pula yang akan dipergunakan pada semua Volvo besar di masa depan. Plus, secara eksklusif datang dengan mesin baru 2,0-liter empat silinder bensin dan Diesel Drive-e serta untuk pertama kalinya akan ada penggerak roda depan sebagai alternatifnya dari penggerak empat roda sebagai standarnya.
Volvo telah mengumumkan rincian lengkap mesin untuk mobil tujuh penumpang,  Volvo XC90. Mesin terbesarnya bisa memproduksi tenaga 394bhp dan torsi 650 Nm torsi, memiliki keekonomian bahan bakar dan emisi CO2 sekitar 110mpg dan 60g / km, angka itu masih tertinggal  148mpg, 44g / km milik Mitsubishi Outlander PHEV tapi Volvo bertenaga lebih besar 190bhp
Berpenggerak  roda depan, bermesin bensin 2.0-liter empat silinder Drive-E, tetap serasa mempergunakan mesin berkapasitas besar dengan adanya supercharger yang mampu meningkatkan respon pada putaran rendah hingga menengah.  Sementara turbo mengambil alih tugasnya setelah mesin berada pada putaran tinggi.   Mobil dengan penggerak empat rodanya, khusus roda belakangnya dilengkapi motor listrik bertenaga 79bhp didukung rangkaian baterai di bagian tengah mobil.
Lambang ‘T8′, diberikan untuk XC90 plug-in dimana tersedia lima mode pengendara yang berbeda – Off Road, AWD, Listrik,  Hybrid dan Mesin berbahan bakar – dipilih melalui layar sentuh seperti milik Tesla Model S. Pilihan tenaga listrik mempunyai jarak jelajah 25 mil, bila lebih maka mesin akan hidup untuk membantu mengerakan mobil dan kembali mengisi baterai.
Volvo telah menggambarkan kalau Volvo XC90 interior  adalah  paling mewah dengan sejumlah bahan-bahan berkualitas tinggi seperti kulit lembut, kayu dan kaca kristal buatan tangan pada tuas persneling. Bahkan tombol kontrol volume berbahan berlian.  “Detilnya dirancang khusus agar permata bisa menjadi hiasan interior,” kata Robin Page, direktur desain interior Volvo Cars ‘.
Berada di tengah interior ada layar sentuh terbaru seukuran potret keluarga.  Sistem ini memungkinkan pengemudi mengakses aplikasi seperti streaming musik dan pertam kalinya dipergunakan yaitu sistem ‘Park dan Pay’, semua telah dirancang agar mudah digunakan.
Seperti biasa dalam Volvo, jok pun medapat perhatian penting, jok ‘Comfort’ sudah sebagai standar, berbentuk  ergonomis yang bisa menyangga bagian belakang penggunanya, menahan tulang belakang dengan sempurna. Ditawarkan pula jok versi ‘Contour’ yaitu jok yang bisa menahan gaya kesamping lebih baik.   XC90 dengan kapasitas tujuh penumpang,  dengan tiga kursi individual di baris kedua dan kenyamanan kelas di baris ketiga. Volvo mengatakan bahwa penumpang dengan tinggi lebih dari 5’5 ” (165cm) akan tetap nyaman di kursi paling belakang.
Volvo merilis pula rincian lengkap tentang keamanan dan sistem bantuan parkir yang akan ada pada SUV XC90 mewah. Diklaim kalau SUV tujuh penumpang ini akan menjadi salah satu mobil paling aman dengan dua terobosan baru dalam hal pencegahan kecelakaan.
Salah satunya adalah ‘run-off insiden’, ketika mobil keluar jalur karena kesalahan pengemudinya atau cuaca buruk.  Sistem XC90 secara otomatis mengencangkan sabuk pengaman depan, sedangkan joknya dirancang untuk meminimalkan cedera tulang belakang jika mobil terguling atau terjerumus.
Salah satu yang juga pertama di dunia ‘rem persimpangan’ sistem ini akan menghentikan mobil jika pengemudi mencoba menekan gas padahal di depan ada kendaraan yang melaju di persimpangan. Seperti Mercedes S-Class,  XC90 juga akan memberi tahu pengendara di belakangnya dengan peringatan dari menyalanya lampu rem. Plus, mobil akan mengencangkan sabuk pengaman penumpangnya secara otomatis.
Ada pula sensor yang memonitor risiko kemungkinan terguling saat berpindah jalur pada kecepatan tinggi.  Jika gejala terguling sudah mendekati limitnya maka secara otomatis pula  akan dilakukan pembatasan keluaran torsi mesin dan dilakukan pengereman  untuk mengurangi kecepatan mobil. Jika sudah terlambat,  kantong udara di jendela  untuk ketiga barisnya akan mengembang.
Pada XC90 baru terdapat pula sistem pengereman otomatis saat berada diperkotaan, yang bisa mengenali kendaraan lain pengendara sepeda, pejalan kaki dan hewan.  Sebuah kamera dengan daya tangkap canggih melengkapi sistem agar bisa bekerja pada malam hari, juga disiang hari.
Sementara itu, ada perangkat untuk mengenali rambu jalan dan ini merupakan kelengkapan standar, ada pula pemantau blind-spot serta perangkat pembantu  parkir otomatis.  Paling hebat, XC90 juga bisa berjalan sendiri, mengerem dan mengemudikan mobil, saat berada di lalulintas padat pada kecepatan rendah.
Inti dari penggunaan  teknologi keselamatan adalah, perhatian dari perusahaan ini untuk dijadikan sebuah rencana masa dapan ‘Vision 2020′.  Bila semua sudah memakainya Volvo berani menyatakan bahwa tidak ada lagi penggunanya yang  harus menjadi korban  atau terluka parah dalam kecelakaan, saat mempergunakan  Volvo keluaran tahun 2020.