SMKN 26 Jakarta Mengunjugi Pabrik Suzuki

  • Whatsapp
SMKN 26 Jakarta Mengunjugi Pabrik Suzuki
Autorev-Dalam rangka partisipasi PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada gelaran otomotif akbar ‘The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014’yang akan digelar pada tanggal 18 – 28 September 2014 di Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran, Jakarta Utara, Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2014 mengadakan program ‘Student Visits to Assembly Plant ‘Suzuki Indomobil Motor’ oleh SMKN 26 Jakarta’.
Kunjungan yang dilakukan pada Senin, 11 Agustus 2014 dihadiri olehtotal 63 orang siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringanserta didampingi oleh 2 guru orang pembimbing. Kunjungan sendiri dilakukan ke pabrik perakitan mobil Suzuki (Assembly Plant) Suzuki Indomobil Motor yang terletak di Plant Tambun II Bekasi, Jl. Raya Diponegoro Km. 38,3 Tambun
Bekasi -Jawa Barat.
Pihak manajemen Suzuki yang hadir menyambut rombongan diantaranya Mr. Ryohei Uchiki selaku Strategic Planning Suzuki Indonesia. Kemudian manajemen PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) diwakili oleh Yudonendito-Assistant to Dept. Head of 4W ProductionPT. SIM dan Achmed Zaelani-Manager HRTambun Area PT.SIM. Sedangkan, manajemen PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) diwakili oleh Dimelza Sharindradinie-Head of 4W Communications Development PT. SIS.
Perwakilan Dyandra Promosindo, Alvin Mulyarahman selakuSenior Project Manager Automotive Division memaparkan, “Kegiatan student visit ini merupakan kegiatan pre-event pameran IIMS 2014 yang nantinya diselenggarakan pada 18-28 September 2014 di JI Expo,Kemayoran, Jakarta.  Adapun kunjungan ke pabrik Suzuki pada hari ini merupakan kunjungan pertama dari rangkaian kunjungan yang akan dilakukan ke APM lainnya”.
Kami sangat berterima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan serta sambutan yang diberikandengan baik bagi para pelajar SMKN 26 Jakarta. Terima kasih pula kami sampai untuk pengalaman yang diberikan dalam melihat langsung proses pembuatandan perakitan mobil Suzuki. Kami harapkan program CSR IIMS ini dapat dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya, ungkap Alvin.
Acara diawali dengan sambutan dari berbagai pihak ini dilanjutkan dengan genba/touring pabrik menggunakanAPD (alat pengaman diri) dan didampingi tim K3(Kesehatan, Keselamatan Kerja). Jalur genba yang dilaluimeliputi proses perakitan mobil Ertiga, Karimun Wagon R, APV dan Carry Pick Up, hingga final inspection. Setelah kembali ke ruangan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pengenalan Suzuki Indonesia dan proses produksi mobil. Berbagai pertanyaan kritis dan membangun banyak diberikan oleh para siswa.
Sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan brand awareness Suzuki kepada masyarakat muda yang berpotensi, Suzuki Indonesia secara reguler menerima kunjungan institusi-institusi pendidikan dari seluruh  Indonesia ke pabrik PT Suzuki Indomobil Motor, baik pabrik roda dua maupun roda empat. Program ini merupakan salah satu wujud usaha Suzuki untuk ikut mencerdaskan generasi bangsa dengan memberikan pengetahuan secara langsung mengenai proses perakitan mobil dan pembekalan mereka pada saat terjun di dunia kerja nantinya.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada SMKN 26 Jakarta atas kedatangannya ke pabrik kami. Semangatnya luar biasa selama kunjungan ini. Saya harapkan kedepannya kerjasama dengan SMKN 26 Jakarta dapat berjalan dengan baik. Kami membuka kesempatan besar untuk program magang di PT SIM bagi siswa-siswa. Dan untuk kunjungan-kunjungan berikutnya akan kami terima dengan senang hati,”papar Yudonendito selaku Assistant to Dept. Head of 4W Production PT SIM mengungkapkan rasa sangat senang dengan kunjungan yang diterimanya hari ini.
SMKN 26 Jakarta yang didampingi oleh Arnold menyampaikan harapannya, “Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan melihat bagaimana proses produksi dan diharapkan mampu menambah kecintaan kami terhadap produk-produk Suzuki. Harapannya kami dapat menjalin kerjasama melalui sebuah program praktek kerja industri dan semoga siswa dapat ditempatkan di dealer-dealer Suzuki seluruh Indonesia.”
Harapan yang sama juga diberikan oleh salah satu siswa Rivaldo, “Ini merupakan kunjungan pertama kami. Suzuki Indonesia menurut kami sangat luar biasa, dan terus dapat meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pekerja(di pabrik). Dan tentunya saya berharap dapat diterima bekerja di Suzuki Indonesia.”
Student Visit ini diharapkan dapat membuka wawasan para pelajar akan perkembangan industri otomotif Indonesia yang semakin pesat. Acara ini pun didedikasikan khusus bagi para pelajar SMK sebagai wujud kepedulian dalam dunia pendidikan bagi generasi muda tentang dunia otomotif. Rangkaian acara ditutup dengan penyerahan simbolis sertifikat dan souvenir untuk para peserta kunjungan dan sesi foto bersama.