Hasil Rekayasa, Pengembangan Baru

  • Whatsapp

Hasil Rekayasa, Pengembangan Baru_2
Autorev – Ini adalah proyek paling ambisius dari Tata Motor, sedan kompak Zest yang diluncurkan hari Selasa (12/08) di India.  Zest adalah produk terbaru dari Tata setelah selang 5 tahun tidak memproduksi sedan sub-kompak dengan panjang 4 meter. Mobil ini memiliki dasar pembuatan sama dengan Manza, tapi telah lebih disempurnakan dengan masukan dari pebalap Fomula 1 Narain Karthikeyan, untuk penyempunaan pengendalian dan pengendaraan. Desainnya sendiri dilakukan oleh Tata Motor di pusat desain Pune, Conventry (inggris) dan Turin (Itali).
Tampilan dari Zest terlihat lebih segar, bergaya lebih muda dan bersemangat.  Bagian depan sangat akrab dengan merek yang satu ini, gril tebal dan lampu utama menjulur ke belakang berisi lampu model proyektor.  LED DRL ditempatkan dibemper.  Bagian sisinya terlihat menonjol berkesan kuat, serta garis memanjang pada pintunya menyatu dengan seluruh desain mobil.  Profil di belakang dibuat menyatu, terlihat manis dipadu dengan lampu LED.  Bagian bemper belakang berwarna hitam ditujukan agar mobil terlihat lebih sporti serta memberi kesan lebih ringan.  Zest telah dilengkapi pelek 15 in untuk kelas atasnya.
Dibagian dalam, Tata telah menambahkan berbagai fitur dan teknologi, membuat Zets lebih bernilai. Fiturnya adalah Electrically Assisted Power Steering (EPAS) dengan fungsi pembalik aktif, perangkat infotainmen dari Harman dan navigasi MapMyIndia.  Pada konsol tengahnya diberi lapisan hitam piano dan dibagian itupula ditempatkan peraga 5 in layar sentuh, unit ini berfungsi sebagai multimedia dengan soket USB dan AUX serta konektivitas Bluetooth, pengenalan suara, terintegrasi dengan Smartphone dan sensor parkir mundur.
Konsol intrumen, berada dibagian tengah memuat informasi konsumsi bahan bakar, jarak tempuh dengan bahan bakar di tangki, dua tripmeter, indikator posisi gigi, mode pengendaraan dan banyak lagi.  Tata pun sangat memperhatikan faktor keselamatan dan Zest dilengkapi dua buah kantong udara depan, ABS, EBD dan Corner Stability Control untuk varian teratasnya.
Mesinnya, hasil pengembangan sendiri berupa mesinRevotron 1,2 liter turbo memproduksi tenaga 90PS pada 5.000rpm dan torsi 140Nm pada 1.700-3.000rpm, digabung dengan transmisi manual 5 kecepatan. Mesin Revotron memiliki 3 pilihan mode pengendaraan yaitu ECO, CITY dan Sport, dan hanya satu-satunya mobil disegmen ini dengan sistem seperti itu. Selain itu, ada pilihan mesin Diesel Quadrajet 1,3 liter juga bertenaga 90PS pada 4.000rpm dengan torsi 200Nm pada 1.750-3.000rpm, juga dengan transmisi manual 5 kecepatan dan F-Tronic AMT.  Ini menjadikan Zest bermesin Diesel dan transmisi otomatis sebuah mobil paling terjangkau.
Mobil dipasarkan dengan 6 pilihan warna serta 5 varian yaitu XE, XM, XMA, XMS dan XT.  ABS merupakan standar untuk semua varian Zest, kecuali XE yang merupakan tipe paling murah.  Kantong udara terdapat pada varian XMS dan XT.  Varien XE diberi mesin Diesel bertenaga 75PS sedang yang lainnya mempergunakan mesin bertenaga 90PS.
Tata Zest diklaim terhitung irit, untuk mesin bensin konsumsinya 17,3km/l dan untuk mesin Diesel 90PS mencapai 23km/l.

Spesifikasi Teknis:
Mesin:
Tipe: Bensin, 4  silinder, turbo, MPF
Material: Kepala silinder dari Alloy dan blok dari baja cor
Kapasitas: 1.193cc
Tenaga Max: 90PS @ 5.000rpm
Torsi Max: 140Nm @ 1.750-3.000rpm
Diameter x Langkah: 75mm x 67,5mm
Rasio Kompresi: 9 : 1
Penggerak Katup: SOHC, 2 katup/silinder
Sasis/Bodi
Konstruksi: Sedan, 5 pintu, Monokok
Berat Kosong: 1.115-1.135kg
Pelek: 15 in
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi (mm): 3.995 x 1.706 x 1.570
Jarak Poros (mm): 2.470
Jarak pijak depan / belakang (mm): 1.450 /1.440
Celah tanah (mm): 175 (kosong)
Kapasitas Tangki: 44 liter