Motor Karya Teknisi F1 Berbahan Bakar Biodiesel

  • Whatsapp
Motor Karya Teknisi F1 Berbahan Bakar Biodiesel
(foto :autoevolution)

Autorev – Sepeda motor bermesin Diesel merupaka hal jarang baik untuk motor ruda dua muapun roda tiga.  Pada kenyataanya, ada satu motor  bermesin seperti itu.
Motor ini diwujudkan oleh Charlie Smithson sebagai CS Engineering yang mendapat tugas dari BBDO. Pria yang sehari-hari bekerja di team F1, termasuk BMW, Red Bull, Williams dan Ferrari. Charlie bisa mengerjakan apapun hingga mampu membuat motor, mulai dari pengelasan hingga pembuatan komponen dengan alat bubut serta biasa pula mengerjakan material komposit dengan baik.
Bila dilihat, motornya mempunyai kemiripan dengan KTM 950/990 Adventure. Itulah dia, dimana mesinnya berasal dari mesin Diesel yang terhitung jarang EVA Track T800CDI. Motor aslinya adalah buatan Belanda dan itu sebabnay membuang jauh bentuk serba tajam produk terkenal dari Austria.
Motor Track ditenagai oleh mesin yang juga dipergunakan oleh mobil Smart ForTwo, berupa mesin turbo 3 silinder, 799cc bertenaga 45tk dan torsi yang sangat besar untuk sebuah motor 100,4Nm. Semua disuguhkan oleh CS Engineering melalui Track dengan mengubah gaya sebuah motor dual sport menjadi gaya Café-Racer yang telah mempergunakan poros untuk menggerakan rodanya.
Pewujudannya, rangka dibuat lebih rendah 7,5cm dan dipasangkan pula suspensi baru, motor diubah menjadi gaya ke café- racer hingga ke bentuk jok dibuat secara utuh dari kulit babi, tuas gas pada setang bergaya retro juga berbahan kulit, serta lampu bulat retro. Intrumen panel digital ditempatkan secara baik, mudah dilihat dan dibaca menyajikan semua data kondisi motor.
Tangki serba lancip dari motor adventure ditinggalkan sudah dan Charlie Smithson mempergunakan bahan serat karbon dan kevlar untuk membuat tangki berbentuk membulat.  Jadilah sebuah tangki gendut, pas untuk sebuah motor bermesin Diesel dan bergaya café-racer.  Sekarang, untuk urusan bahan bakarnya, Charlie menanyakan pada Dan Kaderabek dari Bio-Blend Fuel, untuk mengolah 113kg lemak bacon (daging) menjadi 757 liter B100 biodiesel. Motor pun perlu dilakukan  pengaturan ECU agar cocok dengan bahan bakar barunya, akhirnya bacon café-racer bisa dipacu dengan konsumsi bahan bakar 75-100mph atau 2,35-3,1 liter/100km.