Mewahnya Bugatti Ettore Seharga 35M

  • Whatsapp

Mewahnya Bugatti Ettore Seharga 35M_1
(Foto:Bugati)

Autorev – Salah satu bagian dari Monterey Car Week (11-17 Agustus), Bugatti  ikut merayakannya dengan mempertontonkan edisi “Les Legendes de Bugatii” atau Bugatti Legends. Setahun lalu, Bugatti meluncurkan model eksklusif ditempat ini, tempat yang sangat dikenal oleh para pelaku otomotif. Ditempat ini pula sang legenda pertama diperkenalkan.
Tahun ini, penganugerahan akan dilaksanakan pada 15 Agustus, juga dilokasi yang sama yaitu lokasi berkelas sesuai dengan mobil legenda ke-6 yang akan diluncurkan. Ini merupakan penghargaan buat Ettore Bugatti, sebagai penemu dan penggagas dari merek Bugatti, tipe yang ditampilkan memiliki dasar model Type 41 Royale. Setelah lima sang legenda pendahulunya, hanya tiga dari mobil legenda ini yang diproduksi. Mobil ini di jual dengan harga 2,35juta Euro atau sekitar Rp 35M.  Pada saat itu nanti, Bugatti akan memamerkan ke-6 mobil legendanya secara bersamaan, untuk  yang  pertama kali dan hanya sekali ini.
“Ettore Bugatti adalah patokan kami. Dia menginginkan sebuah mobil yang memiliki keharmonisan sempurna antara teknologi dan estetika, dan itu masih dipergunakan sampai hari ini,” kata Wolfgang Durheimer, President  of  Bugatti Automobiles S.A.S.  “Ettore Bugatti selalu mengupayakan kreasinya menjadi sebuah karya seni. Idenya itu dituangkan di mobil,  dan telah menjadi fondasi dari merek ini menjadikan sebuah mobil ternama serta bernilai tinggi di dunia. Semua jelas, karya ini dipersembahkan sebagai karya legendaris terakhir,” tambahnya.  Ettore Bugatti adalah satu dari orang ternama di dunia otomotif dunia pada abad 20.
Dia mengetahui bagaimana mengkombinasikan peninggalan selera seni keluarganya ke dalam ide-ide berbasiskan teknologi.  Dan memang terbukti berhasil menuangkan ide desainnya ke dalam produk yang telah menjadi ciri unik serta sangat dikenal.  Merek ini mempunyai nilai “Art, Forme, Technique” atau seni, bentuk dan teknik yang merupakan dasar pendekatan dari semua karyanya.  Jangan heran bila Bugatti saat ini telah menjadi barang koleksi bernilai tinggi, contohnya Type 567 SC Atlantic dan yang tak terlupakan Type 41 Royale. Ini menunjukkan kalau Bugatti adalah pembuat  mobil bertenaga besar dan mewah sepanjang  jaman.  Satu lagi, mobil dengan konstruksi ringankeluaran 1920 yaitu Type13 “Brescia” atau Type 35, adalah satu-satunya mobil tarsukses di dunia balap dengan keberhasilannya naik podium sebanyak 2.000 kali, ini pun ikut memperkuat nama Bugatti.
Selengkapnya, “Ettore Bugatti” The Legend dibuat berdasar pada Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse 1 yang juga telah melegenda.  Mobil super sport ini bertenaga 1.200PS dari mesin 8 liter W16 juga menghasilkan torsi 1.500Nm pada putaran antara 3.000 – 5.000rpm.   Roket aspal ini melaju dari 0 hingga 100kpj hanya dalam 2,6 detik.  Serta kecepatan puncaknya bisa mencapai 408,84kpj saat atapnya dibuka. Vitesse  sendiri adalah mobil tercepat di dunia yang pernah ada.
Dilihat bagian luarnya, rancangan bodi dari bahan karbon yang didasarkan pada mobil keluaran 1932, Type 41 Royale dengan nomor rangka 41111 dilabur warna dengan mengikuti kaidah “yin-yang”.

Bagian depannya dibuat dari bahan aluminium yang dihaluskan dengan tangan serta diberi pelapis bening.  Bugatti satu-satunya pabrikan yang melakukan pelapisan bening pada produk-produknya.  Untuk pertama kalinya, bahan ini dipergunakan pada semua bagian depan dan panel samping, rumah dan dudukan spion, tuas pembuka pintu bagian luar, sudut-sudut bemper, sayap,serta  pintu dan bagian belakangnya.  Bagian belakang mobil, panel samping dan pilar A dicat warna biru tua dengan gaya tampilan karbon.
Berdasar pada pelek yang sangat terkenal di dunia otomotif, berupa pelek berpola berlian dipoles mengkilap.  Tapi untuk mobil ini pelek dilabur warna biru tua.  Pelek palang delapan ini adalah karya Ettore Bugatti sebagai penentu dalam perkembangan penggunaan pelek aluminium di industri otomotif.  Pelek rancangan baru pada Vitesse Legend telah diberi tulisan “Ettore Bugatti.”   Menjadikannya beda adalah logo tapal kuda dan tulisan EB dibagian belakang yang dibuat mengkilap mempercantik seluruh tampilannya, khas sebuah Bugatti Legend.
Tanda tangan dari pendirinya, Ettore Bugatti terukir dipenutup tangki bensin dan penutup lubang oli serta dilapis warna silver. Untuk bagian dalamnya Bugatti mempergunakan dua jenis kulit, ini pertama kalinya dipergunakan yaitu pada “Ettore Buggati” Legend.  Kulitnya berupa calf dengan warna coklat aslinya, dipergunakan hampir disemua bagian dalam. Beberapa komponennya mendapat sentuhan khusus seperti pada roda kemudi, tuas persneling, tuas pintu, sandaran tangan konsol tengah dan cekungan pada tuas pintu serta modul atap semuanya secara eksklusif dilapis kulit cordovan.
Untuk mengerjakannya, Bugatti mengandalkan tangan-tangan ahli –untuk proses penyamakannya diperlukan waktu enam bulan—dan ini dilakukan untuk yang pertama kalinya.  Telah dikenal luas fitur dari Legend, adalah kulit bernama “Brun Cavalier” untuk konsol tengahnya.  Itu adalah alasan kenapa harga mobil ini demikian mahal dan hanya dipasarkan dalam jumlah terbatas.