R1Bermesin 4 Silinder, Bergaya Superbike

  • Whatsapp
R1Bermesin 4 Silinder, Bergaya Superbike
Autorev – Spy foto lainnya untuk motor keluaran 2015 yaitu Yamaha YZF-R1, gambarnya sudah mulai bermunculan. Seperti yang terlihat kali ini, tampilannya sangat mirip dengan sebuah superbike. Tampilan mesinnya jelas terlihat berupa mesin 4 slinder segaris, memang untuk R1 sepertinya akan memakai mesin CP4, sebuah nama khusus yang diberikan oleh Yamaha.  Mirip dengan mesin 3 silinder pada MT09 dengan nama CP3, dimana mesin paralel 2 silinder pada MT07 dinamakan CP2.
Bentuknya, R1 baru sangatlah berbeda karena telah mendapat begitu banyak perubahan, tapi ada sedikit yang disisakan agar orang bisa mengenali kalau ini adalah sebuah model baru. Perubahan besar dilakukan langsung oleh bagian yang mengerjakan sisi teknologi.  Lebih jauh melihat sosoknya, sepertinya Yamaha mengikuti jejak dari BMW S1000R, Aprillia RSV4 atau motor 1.000cc Kawasaki ZX-10R Ninja.
Yang menarik dari Superbike Yamaha terbaru, sesuai rumor sepertinya akan dikeluarkan dalam dua model. Dilaporkan kalau Yamaha telah mendaftarkan dua nama berkaitan dengan R1 yaitu YZF-R1M dan YZF-R1S. Imbuhan M mengindentifikasikan sebuah nama yang berkaitan dengan Iwata YZR-M1 yaitu sebuah prototype MotoGp. Ini diasumsikan kalau R1 M akan dikeluarkan dalam spesifikasi yang lebih tinggi.
Melihat dari dugaan itu dan melihat kenyataan, dimana R1 M akan berada di kelas atas yang akan bersaing langsung dengan BMW HP4 versi S1000RR atau Honda CBR1000RR SP Fireblade. Sementara R1S, kemungkinan  S singkatan dari “street”, R1 adalah model yang lebih sederhana.
Pihak Yamaha mengatakan bila penggemarnya harap sabar untuk melihat ujud sebenarnya dari kedua motor ini. Menurut Yamaha pula, motor ini akan dipamerkan di Intermot di Cologne, Jerman pada awal Oktober nanti.  Bulan berikutnya tampil di Milan, Itali pada EICMA 2014.