Lebih Aerodinamis, Lebih Cepat, Dibuat Terbatas

  • Whatsapp
Lebih Aerodinamis, Lebih Cepat, Dibuat Terbatas
Autorev – Mengantisipasi kemungkinan kedepan, Hennessey Venom F5 dipersiapkan untuk menggantikan Venom GT yang sudah mulai meluruh kejayaannya. Taget dari  pembuatan  Venom F5 adalah untuk memecahkan batas kecepatan, mobil akan bisa dipacu hingga 290mpj (466kpj).
Menurut Hennessey, F5 telah lebih maju dibanding Venom GT. Caranya adalah dengan menurunkan tahanan angin (drag coefficient) dari 0,44 menjadi 0,40.  Walau demikian tetap memberikan gaya tekanan kebawah (downforce) yang baik diberikan oleh bentuk bodi, saluran berbentuk venturi di kolong, diffuser belakang dan sayap belakang bisa dilipat.
Memang bila dilihat dari sosoknya jagoan ini telihat cantik. Tahanan angin rendah didapat dari bentuk bodinya yang terlihat langsing berkesan sangat mahal.  Berbicara tentang harga dikaitkan dengan Hennessey Performance serta jumlah yang dibuat hanya sekitar 30 Venom F5, rasanya wajar bila harganya lebih mahal dari Venom GT berharga $1,2 juta.
“Kami sangat senang dengan kehadiran babak baru dari Venom,  membawa kita lebih maju lagi melalui rancangan serba barunya, tidak hanya bertenaga juga terlihat sangat unik.  Mobil berhasil mencapai performa tertinggi berkat pengembangan kearodinamisan bodi,” menurut John Hennessey.
Disamping keaerodinamisan, ada keuntungan lain dari bodinya yang terlihat ramping yaitu bodi lebih ringan dengan pemakaian bahan aluminium dan serat karbon.  Beratnya sekitar 1.300kg, sedikit lebih berat dari Venom GT seberat 1.244kg.   Dimana mesin V8 turbo bisa menyemburkan tenaga sampai 1.400tk ke roda belakangnya.
Bagian teknisnya, kopling tunggal dengan tuas pemindah transmisi manual berpola pemindahan gigi kuno berbentuk H.  Fitur lainnya, sistem kontrol stabilitas dan traksi berbasiskan GPS.  Ini adalah bagian yang mampu mengimbangi tenaga besar Venom, faktor keselamatan menjadi lebih baik. Dan berbagai perubahan ini menjadikan F5 sangat mudah dan menyenangkan untuk pemakaian sehari-hari, walau mungkin pula dikendarakan di arena balap.