Supercar Ringan Berbahan Aluminium

  • Whatsapp
Supercar Ringan Berbahan  Aluminium
Autorev – Mobil berlogo banteng ‘Lamborghini’ mungkin tidak akan terlalu banyak menampilkan  mobil barunya di jalan. Tapi ini tidak berarti bahwa para penggemarnya tidak lagi memimpikan kehadiran mobil dalam edisi special. Ini dikarenakan beberapa model baru saja ditampilkan.
Memang belum terlihat sesuatu akan  diperkenalkan, seperti yang terjadi di Sant’Agata Bolognese yang masih terlihat tenang-tenang saja, padahal bila dilihat lebih jauh model Huracan sudah tergolong tua.  Memang telah ada generasi barunya Gallardo, dan seperti kita ketahui Gallardo memiliki dua Superleggera yang dikeluarkan untuk sebelum dan sesudah dilakukan facelift.
Mendengar sebutan Superleggera memang sangat popular di Italia dan itu bermakna sebagai ‘ultra ringan’ dalam bahasa Italia. Untuk Gallardo pengurangan beratnya bisa mencapai 100kg.  Huracan akan dibuat lebih ringan dengan pemakaian bahan aluminium dan struktur dari karbon, sepertinya ini sudah menjadi standar pembuatan dari mobil-mobil super.  Biasanya mobil seperti ini diembel-embeli dengan nama Edisi Spesial, sama halnya dengan yang dilakukan oleh Ferrari dan Porsche.
Huracan Superleggera diharapkan bisa memperbaiki raio tenaga terhadap berat mobil.  Bila kita meilihat Gallardo, penyempurnaan di mesin hanya bisa manambah tenaga sekitar 10tk.  Walau telah dilakukan pemetaan ulang pada ECU, mesin tanpa turbo V10 yang dipergunakan pada Huracan mungkin tak jauh beda, tapi pengendaranya akan lebih menikmati apa yang dihasilkan pada setiap tingkat putaran mensinnya.
Parangkat serat karbon, pembuatanya diberikan kepada Hansen Art, berupa dua saluran udara di bagian atap dan beberapa elemen lainnya yang belum pernah ada.  Seperti halnya saluran udara samping, mungkin diambil dari Murcielago LP dengan profil asimetris. Lain bila para perancang Lamborghini ingin melakukan perubahan saat waktunya diproduksi nanti, paling mungkin akan mengambil gaya ala Huracan Super Trofeo Stradale yang mengalami inkarnasi menjadi  Huracan Super Trofeo sebuah mobil balap yang saat ini sedang dikembangkan.  Tapi bagi penggemar Huracan Superleggera, tunggu tiga tahun lagi untuk bisa mengendarakannya di jalan raya.