Fiat Recall Perkabelan dan Airbag

  • Whatsapp

Fiat Recall Perkabelan dan Airbag
Autorev – Di Amerika recall diumumkan oleh suatu badan bernama National Higway Traffic Safety Administration dan di Australia badan serupa dinamakan ACCC yang mengumumkan sekitar 4.000 unit Fiat 500 bermasalah untuk segera diperbaiki di bengkel resminya.
Australian Competition & Consumer Commission mengatakan “Fiat 500 dengan VIN tertentu” harus di recall.  Secara khusus pihak Chrysler Australia Pty Ltd akan mengerjakan perbaikan pada 3.868 unit Cinquecento tahun produksi 2010 dan 2014.
Masalah pada Fiat Chrysler Australia, seperti yang diberitakan ACCC yaitu terjadi ganguan pada kabel dibawah dasbor dengan kolom kemudi.  Dalam waktu tertentu kabel akan aus.  Rupa-ruoanya, sedikit saja terjadi kerusakan pada kabel maka akan terjadi resiko kecelakaan karena akan mengganggu kerja dari power steering dan perangkat vital lainnya.
Recall dilakukan walaupun belum ada laporan dan keluhan dari para penggunan Fiat 500.  Untuk menjadi perhatian pula bahwa perbaikannya tidak dikenakan biaya.
Tidak hanya di Australia, di Amerika Fiat 500L keluaran 2014 malah untuk yang terbaru keluaran 2015 juga di recall. Sebanyak 25.000 unit di Amerika dan 4.000 di Kanada harus segera ditarik dan diperbaiki.
Pokok masalahnya ada pada airbag kaki. Dari pengujian secara berkala didapatkan bahwa kantong udara pelindung bagian dengkul tidak mengembang pada posisi yang benar, bila pengendaranya tidak mempergunaan sabuk keselamatan. Walau hingga saat ini belum ada keluhan akan hal itu, tapi perbaikan akan tetap dilakukan. Dan pihak pembuatnya menyarankan, sebelum diperiksa ulang atau sebelum diperbaiki, pengendaranya harus tetap memakai sabuk keselamatan. Dan tetap mempergunakannya walau kantong udaranya sudah diperbaiki.