Satu Pilihan Untuk Semua Kebutuhan Dari Mercedes

  • Whatsapp
Satu Pilihan Untuk Semua Kebutuhan Dari Mercedes
Autorev – Dilihat dari luarnya saja sudah terlihat sangat kokoh, juga mempunyai nilai tinggi, sangat menguntungkan dan tentunya rendah biaya pengoperasiannya. Itu semua bisa diperoleh dari Mercedes-Benz Vito sebagai kendaraan serbaguna atau van kelas menengah dengan berat kotor antara 2,5 hingga 3,2 ton.
Peruntukannya sangat luas bisa sebagai mobil kerja, mobil angkutan barang, mobil sewaan, taksi, pokoknya apapun pekerjaannya Vito adalah pilihannya.  Vito van panel (box) adalah satu-satunya angkutan yang tersedia dalam tiga pilihan panjang bodi dan tiga pilihan mesin. Dengan kapasitas kargo 1.369kg adalah yang terbesar dikelasnya.
Sedangkan Vito Mixto mempunyai fitur seperti sebuah van digabung dengan mobil penumpang.  New Vito Tourer adalah yang terbaru dari Mercedes-Benz berupa mobil penumpang, tersedia dalam 3 pilihan sesuai fungsinya yaitu: Paling sederhana Vito Tourer BASE, sebagai kendaraan serbaguna ada Vito Tourer PRO dan kelas atasnya adalah Vito Tourer SELECT. Satu keunggulan dari Tourer, perlengkapannya bisa diubah sesuai akomodasi yang diperlukan penumpangnya.
Dari sisi desain, sangat menarik. Dimana desainnya tidak sebatas untuk tampilan, desain barunya menghasilkan koefisien tahanan angin (Cd) 0,32, sangat kecil. Ini mampu memberikan keuntungan seperti penghematan bahan bakar dan perbaikan performance.
Di bagian dalamnya, penumpang dan pengendaranya akan mendapatkan kenyamanan dari joknya dan Vito jauh lebih lega dibanding sebelumnya. Perubahan total pada bagian dalam menjadikannya lebih funsional dan lebih ergonomis.  Selain itu, semua terlihat dikerjakan dengan rapi, sangat memperhatikan faktor keselamatan. Bagian kokpit,  dibuat sangat berkualitas, terbaik dikelasnya.
Menjadi perhatian Mercedes-Benz, untuk pertama kalinya mobil disegmen ini mendapatkan pilihan penggerak yaitu roda depan, roda belakang atau empat roda. Kegunaannya sangat jelas, penggerak depan untuk penggunaan ringan. Bila dipergunakan untuk membawa beban ringan, penggerak roda depan adalah pilihan terbaik, selain itu akan didapatrkan traksi optimal dirodanya. Tentunya harganyapun lebih murah. Mobil berpenggerak belakang, untuk angkutan lebih berat atau untuk membawa gandengan, saat dikendarakan menjadi sangat lincah.
Penggerak empat roda, bila dibutuhkan traksi besar seperti untuk merambah jalan jelek.  Semua mobil dibuat dalam satu kesatuan, penggerak manapun yang dipilih semuanya memiliki tinggi bodi sama.  Panjang bodi bisa berbeda sesuai pilihan yang diambil.
Menjadi daya tarik tinggi adalah pilihan mesinnya, ada dua mesin turbo Diesel dengan lima pilihan keluaran tenaga. Vito berpenggerak depan tentunya tidak perlu tenaga terlalu kuat, mesin Diesel yang ditempatkan melintang berkapasitas 1,6 liter tersedia untuk Vito 109 CDI bertenaga 88tk dan Vito 111 CDI dengan 114tk.
Keperluan tenaga akan bertambah dengan bertambahnya beban mobil serta untuk keperluan membawa gandengan. Vito penggerak roda belakang atau empat roda disediakan mesin 2,15 liter, untuk Vito 114 CDI mesinnya bertenaga 136tk, Vito 116 CDI bertenaga 163tk dan Vito BlueTEC bertenaga 190tk.  Khusus BlueTEC, mesinnya telah sesuai dengan standar Euro 6, menjadikannya berada di kelas khusus.
Transmisi, sebagai standarnya dipergunakan transmisi 6 kecepatan manual. Transmisi otomatis 7G-TRONIC PLUS dengan torsi konverter sebagi opsi pada model Vito114 CDI dan Vito116 CDI dan merupakan kelengkapan standar pada Vito 119 BlueTEC dan Vito 4×4. Vito adalah van pertama di dunia yang memiliki pilihan transmisi otomatis 7 kecepatan bertorsi konverter.
Selain hemat, kenyamanan dan keamanan mendapat perhatian sama dari Mercedes-Benz.  Salah satunya, adalah penghematan penggunaan bahan bakar seperti pada Vito berpenggerak belakang dan semua Vito otomatis dimasukan dalam Vito BlueEfficiency. Vito 116 CDI BLueEfficiency membukukan konsumsi solar sebesar 5,7 liter per 100km.
Kenyamanan diberikan oleh sistem kemudi dengan bantuan elektromekanikal serta suspensi belakang semi-trailing arm berpegas koil. Mobil telah mempergunakan pegas serta peredam kejut hasil pengembangan terbaru.
Jelas ada perbedaan suspensi untuk setiap modelnya, Vito berkemampuan angkut besar akan diberikan suspensi lebih keras. Kenyamanan ada pada semua model Vito Tourer dimana suspensinya dibuat lebih lembut didukung peredam kejut yang lebih peka.
Semua generasi terbaru dari Mercedes-Benz Vito dilengkapi perangkat pengaman dan keselamatan standar terbaru. Salah satunya adalah rem cakram berukuran 16m in atau 17 in, tergantung dari modelnya serta ADAPTIVE ESP. Juga ada kantong udara serta sabuk keselamatan dengan penarik otomatis.  Untuk penggunaan dan jumlah kantong udara tergantung model.
Paling unik dari kategori ini adalah perangkat Crosswind Assist sebagai standar, sistem ini akan mengurangi pengaruh gucangan pada mobil akibat terpaan angin dari samping.  Juga pemantau tekanan ban, sudah menjadi kelengkapan standar.
Perangkat pencahayaan yang awalnya sebagai pilihan kini menjadi standar Vito baru seperti Intelligent Light System (ILS) dengan lampu halogen, lebih terang.  Unik bila dipergunakan di van, seperti penggunaan indikator LED, lampu siang LED, lampu dekat LED dan lampu besar dengan fungsi sebagai lampu aktif saat belok.  Lampu otomatis yang bisa memberikan sebaran cahaya terbaik untuk di jalan raya atau diperkotaan, perubahan tergantung dari kecepatna laju mobil.
Untuk kemudahan dan fungsi tersedia pilihan jarak poros, panjang bodi  serta pilihan berat kendaraan.   Semua mobil baru ini lebih panjang 140mm dibanding Vito sebelumnya. Penambahan panjang dilakukan pada bagian depannya untuk melindungi pejalan kaki bila terjadi benturan. Panjang bodinya ada 3 pilihan yaitu 4.895mm, 5.140mm dan 5.370mm. Tingginya hanya 1.910mm ini disesuaikan dengan tinggi umumnya gedung parkir atau sarana cuci mobil otomatis.  Berat keseluruhan mobil bervariasai mulai dari 2,8 ton hingga 3,05 ton, tergantung model.