New 9G-Tronic Gearbox, E-Class Lebih Bertenaga Rendah Emisi

  • Whatsapp

New 9G-Tronic Gearbox, E-Class Lebih Bertenaga Rendah Emisi_3
Autorev – Mulai September beberapa perubahan dilakukan untuk E-Class, mulai dipergunakannya gearbox 9G-Tronic sebagai perangkat standar terbaru yang lebih bertenaga dan rendah emisi.  Mercedes-Benz mengembangkan gearbox 9G-Tronic untuk digabungkan dengan mesin E350 Blue TEC pada model Saloon, Estate, Coupe dan Cabriolet.
Penggabungan ini mampu mengurangi emisi secara nyata dengan nilai lebih dari 17g/km emisi CO2 seperti yang dihasilkan Coupe saat ini sebesar 136g/km, Saloon 139g/km, Estate 142g/km dan Cabriolet 143g/km. Dimana mesin terkuatnya menghasilkan tenaga 258tk atau naik sekitar 6tk.
Sebagai perbandingan dimana E 220 Blue TEC bisa menghasilkan tenaga 177tk (+7tk) dengan pengurangan emisiCO2 lebih dari 16g/km dibanding saat masih mempergunakan transmisi 7G-Tronic.  Demikian halnya dengan E 220 Blue TEC SE Saloon berhasil menekan keluaran CO2 menjadi 116g/km.  Pada E 400 AMG Sport yang lebih dikenal dengan E 400 AMG Line merupakan mesin V6 dengan kapasitas 3.498cc untuk Coupe dan Cabriolet emisinya bisa diturunkan lebih dari 17g/km.
Selain mesin generasi terbaru ada pula Collision Prevention Assist sebagai standar dari semua E-Class yaitu perangkat pengurang dampak tabrakan. Sistem ini akan memberikan peringatan visual dan akustik bila kemungkinan akan terjadi tabrakan bagian depan. Kejadian ini akan direspon pula oleh sistem rem adaptif dan juga akan mengaktifkan sistem Pre-Safe yang fungsinya akan hilang begitu pengendaranya menginjak pedal rem.

Bila ternyata sang pengendara tidak melakukan pengereman maka sistem akan bekerja dengan melakukan pengereman secara kuat untuk memperlambat laju atau bahkan menghentikannya, sistem bisa bekerja pada kecepatan diatas 92mpj.
Sebagai tambahan ada pula paket Premium & Premium Plus yang bisa dibeli secara terpisah, bila ini dilakukan maka harganya akan menjadi 27 persen lebih mahal. Paket Premiun untuk Saloon berupa Panoramic Glass Sunroof, paket memori, Jok belakang yang bisa dilipat secara terpisah dan kamera mundur.
Sebagai paket Premium Plus ada tambahan Keyless-GO, Comfort Pack dan sistem audio Harman Kardon. Untuk Estate kedua paket itu bisa menjadi pilihan, walau jok belakang terpisah dan kap bagasi elektrik sudah menjadi standar, paket Premium dijual seharga 2.395 Poundsterling dan Premium Plus seharga 3.495 Poundsterling.