AMG V8 Twin Turbo, Perkenalkan Teknologi Baru Mesin V8

  • Whatsapp

AMG V8 Twin Turbo, Perkenalkan Teknologi Baru Mesin V8_1
Autorev – Ini adalah mesin mobil sport pertama berkonvigurasi V yang sangat bertenaga dengan sistem pelumasan model kering. Mesin V8 dengan dua turbo karya AMG mempunyai kehebatan luar dalam. Keunggulan mesin kompak ini responnya optimal serta rendah emisi gas buang. Penggunaan sistem pelumasan kering atau dry-sump memungkinkan mesin ditempatkan lebih rendah.  Dengan titik berat lebih rendah membuat mobil lebih stabil saat dipacu.
Seperti diketahui dimana pelumasan dry-sump, karter mesin tidak berfungsi untuk menampung pelumas, karter hanya mengalirkan oli yang turun setelah melumasi bagian mesin. Oli kembali dipompa kepenampungan di luar mesin. Mesin dengan kode pabrik M178, berupa mesin  berkonvigurasi V dibuat kompak hingga didapat bobot cukup ringan hanya 209kg.  Ini menjadikan mesin teringan dikelasnya.
Spesifikasi mesin AMG M178:

  • Konvigurasi silinder: V8
  • Sudut antar silinder: 90o
  • Jumlah katup: 4 persilinder
  • Kapasitas mesin: 3.982cc
  • Diameter x Langkah: 83 x 92mm
  • Jarak antar silinder: 90mm
  • Rasio kompresi: 10,5 : 1
  • Keluaran tenaga: 510tk pada 6.250rpm
  • Tenaga/liter: 128tk/liter
  • Torsi maksimal: 650Nm pada 1.750-4.750rpm
  • Putaran mesin maksimum: 7.200rpm
  • Maksimum tekanan masuk: 1,2 bar
  • Tekanan maksimal: 130 bar
  • Berat mesin (kering): 209kg
  • Standar emisi: Euro 6

Seperti dapat dilihat dari spesifikasi, mesin memiliki kinerja luar biasa setara dengan mobil sport, termasuk torsinya yang mampu menarik mobil dengan kuat karena torsi besar 650Nm bisa didapat mulai putaran rendah hingga menengah
Dengan kapasitas 3.982cc V8, mesin ini bersaudara dekat dengan mesin AMG 2,0 liter turbo yang dipergunakan pada A 45 AMG, CLA 45 AMG, dan GLA 45 AMG, yang sama-sama bertenaga besar dari mesin 4 silinder. Kedua mesin ini mempunyai diameter dan langkah torak sama, untuk mendapatkan tenaga dan putaran maksimal terbaik. Sistem bahan bakarnya, sama-sama sudah mempergunakan injeksi langsung generasi ke-3 dengan injektor piezzo. Efisiensi tinggi menjadikan AMG 4.0 liter V8 biturbo lolos standar Euro 6 untuk emisi gas buangnya, Euro 6 efektif berlaku pada 2016.
Teknologi unggulan lainnya adalah NANOSLIDE
Mesin mempergunakan rumah poros engkol aluminium cor menyerupai dek datar. Dengan ini didapatkan kekuataan lebih baik, lebih ringan, memiliki titik berat lebih rendah dan tentuya akan lebih mampu menahan tekanan 130 bar di ruang bakar mesin. Lubang silindernya telah mendapat perlakukan teknologi NANOSLIDE, sebuah teknologi yang menjadikan lubang silinder dua kali lebih keras. Teknologi ini dikembangkan Daimler sejak tahun 2000 dan sudah dipergunakan di lebih dari 200.000 mesin sejak 2006.
Pengerjaan lain yang mampu mengurangi gesekan dan konsumsi bahan bakar adalah sebuah proses rumit dalam menempatkan lubang silinder secara cermat dilanjutkan perlakuan pengerasan. Sebuah jig akan menempatkan tabung silinder di rumah poros engkol dan bagian atasnya akan menempel dikelapa silinder. Kemungkinansedikit miring saat penempatan suatu hal yang sering terjadi, untuk itu perlu dilakukan proses pelurusan dan penghalusan.
Ini sangat diperlukan untuk mempertahankan daya tahan dan konsumsi oli. AMG V8 terbaru, juga dilengkapi torak aluminium kempa berbobot ringan tapi sangat kuat. Ring torak dengan gesekan rendah ada dalam paket ini, mampu memperbaiki konsumsi bahan bakar dan oli mesinnya.
Sistem pelumasan kering (dry-sump), memberikan kestabilan
Sistem oli kering beda denga sitem karter, tidak ada penyimpanan oli di bawah poros engkol. Tidak tersedi tempat penyimpanan oli, mesin menjadi lebih pendek hingga bisa ditempatkan lebih rendah.  Memungkinkan penempatan mesin lebih rendah 55mm. Itu menjadikan titik berat mobil akan turun atau lebih rendah, sangat ideal untuk sebuah mobil sport yang mempunyai gaya lateral sangat besar dan dinamis. Mobil menjadi lebih gesit.
Keuntungan lain, sistem kering akan memberikan pelumasan secara baik kebagian-bagian yang tepat untuk mendapatkan pelumasan optimal, walau saat mesin berputar cepat atau saat menikung tajam.
Pada M178, sistem pelumasan didukung oleh pompa hisap dan pompa tekan serta tangki oli eksternal berkapasitas 12 liter. Sistem ini akan mengsirkulasikan sembilan liter oli. Pompa hisap akan menghisap oli dari karter, kepala silinder dan perangkat katup dan mengembalikannya ke tangki dengan kecepatan 250 liter permenit. Pelumas akan menunggu sekitar lima detik untuk kembali dipompakan ke bagian mesin yang memerlukannya. Yang diperlukan adalah perangkat pengendali pompa tekan, tekanan yang dihasilkan berkaitan dengan putaran,  beban mesin dan suhu.  Agar tetap ringan, tangki penyimpan pelumas ini dibuat dari plastik.
Kepala silinder alloy zirconium
Kepala silinder AMG  4.0 liter V8 bi-turbo dibuat dari bahan zirconium alloy karena kemampuannya dalam manahan suhu tinggi dan memiliki konduktifitas panas baik. Empat poros-nok bertugas untuk mengendalikan 32 katup, dua poros untuk katup masuk dan dua untuk katup buang untuk mendapatkan respon terbaik disegala putaran mesin. Untuk menekan penggunaan bahan bakar dipergunakan pula pegas katup yang tepat dan rendah gesekan pada poros nok dan bagian katupnya.
Injeksi Langsung, untuk penyempurnaan pembakaran
Gabungan antara bi-turbo dan injeksi langsung bisa meningkatkan efisiensi termodinamika mesin.  Dengan itu akan didapat penurunan penggunaan bahan bakar dan penurunan emisi. Dalam kerjanya, injektor piezo yang bisa berkerja akurat akan menyemprotkan bensin bertekanan tinggi langsung ke ruang bakar di setiap silinder. Injeksi berulang bisa dilakukan sesuai keperluan agar bisa didapat campuran homogen antara bahan bakar dan udara. Penyemprotan bahan bakar yang dikendalikan secara elektronis mempergunakan prinsip tekanan vaiabel, tekanan bahan bakar akan bervariasi antara 100 hingga 200 bar.

Bi-turbo di tengah mesin V
Tidak seperti umunya mesin konvensional, semua saluran buang di M178 berada dibagian tengah konvigurasi V, atau ditengah dua jalur silinder. Tata letak seperti ini pada mesin V8, memungkinkan mesin dibuat lebih kompak, lebih mudah dalam penempatan mesin, juga lebih mudah untuk mengalirkan udara dingin kesekitar turbo. Turbo pun mendapat kontrol dari perangkat elektronis, katup blow-off dikendalikan secara elektronis untuk mendapatkan respon yang cepat.
Turbo bisa menghasilkan tekanan maksimum hingga 1,2 bar di saluran masuknya, didapatkan dari putaran turbo yang bisa mencapai 186.000 putaran/menit. Turbo bertugas meingkatkan masukan oksigen 2,3 kali lebih besar dibanding tanpa turbo. Agar tetap kompak, konverter katalitik ditempatkan dibagian bawah saluran gas buang, posisinya memungkinkan katalitik bekerja sempurna.
Sistem gas buang variabel
Menarik, sebagai nilai tambah dimana mesin Mecedes-AMG dikembangkan pula agar mengeluarkan suara khas. Untuk mengesankan sebagai mobil sport dipergunakan knalpot variabel. Pengendaranya bisa mendengar suara knalpot berbeda, tergantung dari mode pengendaraan yang dipilihnya. M178 telah dibuat memiliki karakter suara sendiri mirip dengan suara dari keluarga GT, tapi beda dibanding mobil sport lainnya.
Dalam sistem gas buangnya terdapat katup yang berekrja sesuai mode transmisi, tenaga yang diperlukan atau sesuai dengan putaran mesin. Pada putaran rendah atau beban rendah satu katup akan menutup, menjadikan aliran gas harus melalui jalan panjang, lewat peredam agar suara lebih halus.
Saat akselerasi, katup kedua secara cepat akan terbuka katup pertama tetap tertutup, dan mengalirkan gas keperedam melalui jalur lebih pendek. Saat tenaga penuh dan kecepatan tinggi, kedua katup akan terbuka dan gas buang mengalir ke saluran lebih pendek menghasilkan suara khas dan akan didapat tenaga penuh hingga 510tk.
Sistem pendingin efisiensi tinggi
Untuk mendapatkan tenaga maksimum, udara bertekanan dari turbo harus didinginkan, suhu udara masuk bisa mencapai 180 derajat Celcius. Ada dua proses pendinginan yaitu dengan udara sebagai pendinginan pertama dan kemudian oleh pendingin air. Dengan demikian udara masuk lebih dingin menjadikan tenaganya lebih optimal pada berbagai putaran. Juga terdapat radiator besar untuk menjaga kualitas pendinginan.
Sistem air pendingin mesin mempergunakan prinsip arus-silang disokong oleh thermostat tiga fasa, untuk menghangatkan air secara cepat. Selain itu, pompa airnya digerakan lewat rantai bukan sabuk untuk menghindar terjadinya kegagalan pemompaan. Pompa bertugas mensirkulasikan 420 liter, atau setara untuk mengisi dua buah bak mandi dalam semenit.
Membantu pendinginan mesin, mesin dilengkapi pendingin oli dibagian sisinya. Aliran olinya sangat tergantung dari beban dan putaran mesin, menjaga agar mesin tetap bekerja efisien. Pada putaran tinggi pompa mampu mengalirkan sekitar 1,0 liter per detik. Untuk menghemat, saluran air dan oli dibuat dari aluminium.

Pos terkait