Mobil Konsep Dengan Prestasi IDEA Dan IDSA

  • Whatsapp

GT4 STINGER
Autorev – Kia Motor berhasil membangun reputasinya sebagai perancang mobil kelas dunia pada beberapa tahun terakhir, dan kini, Industrial Designers Society of America (IDSA) memberikan dua penghargaan bergengsi dibidang desain. Kia juga menerima International Design Excellence Awards (IDEA) dalam kategori transportasi yang didapat sekaligus oleh GT4 Stinger sebagai mobil konsep dan 2014 Soul, berupa medali perak dan perunggu. Dimana sebelumnya Kia pernah menerima  penghargaan dai IDEA  pada 2012 untuk mobil subkompak Rio, juga berkaitan dengan desain.
Seperti yang sudah dikenal secara internasional atas pemikirannya dibidang desain, IDEA memperkenalkan bila desain sangat berkaitan dengan kualitas hidup dan menjanjikan, bila dilihat dari sisi ekonomi juga akan terasa langsung dampaknya terlihat dalam berbagai inovasi di dunia otomotif, transportasi, strategi desain, perangkat komputer, lingkungan dan lainnya. Kompetisi pada 2014 ini diikuti lebih dari 2.000 kandidat dari 39 negara dimana  setiap yang diusulkan akan dievaluasi mulai dari sisi  inovasi, manfaat bagi pengguna dan klien, kesinambungannya dan daya tarik visual.
“Penghargaan dari IDEA ini benar-benar sebagai bukti kemampuan tim desain Kia Motors,” kata Tom Kearns, kepala desainer dari Kia Design Center America (KDCA).  “GT4 Stinger adalah sebuah angan-angan, tapi ternyata berdampak besar: Kami ingin tahu apakah yang didapat oleh tim desain di Kalifornia bisa melaksanakan visi Kia dalam mengembangkan performa dari sebuah mobil, dengan fokus mobil-mobil bertampilan cantik dan dinamis. Adapun Soul, dibuat untuk kembali menjadi ikon dan itu adalah sebuah tantangan  untuk tim ini. Anda harus menawarkan sesuatu yang benar-benar segar tanpa mengesampingkan  esensi aslinya yang memang sudah menarik. Dalam kedua kasus ini, kita belum puas dengan melihat apa yang telah dicapai.”
Tim desain Kia didirikan sejak 2006 oleh Kia Motors Corporation dipimpin oleh Peter Schreyer yang secara berutut-turut karyanya berhasil meraih beberapa penghargaan. Bekerja dengan gaya Eropa, berhasil mengubah brand Kia, menjadikannya berhasil masuk kedalam kancah global dalam 5 tahun terakhir ini. Penghargaan IDEA adalah penghargaan ketiga dibidang desain kendaraan perkotaan generasi ke-2, untuk 2014 Soul. Dimana GT4 Stinger, juga mendapat pujian dari media  dan industri diseluruh dunia akan tampilannya yang memukau agresif dan sporti.

Tentang GT4 Stinger
Pertama kali diperkenalkan pada North American International Auto Show 2014 di Detroit, dimana GT4 Stinger tampil sebagai mobil konsep bergaya agresif dan menjadikannya sebuah kendaraan dengan daya tarik tinggi. Umumnya mobil sport, berpenggerak roda belakang atau 2+2, GT4 Stinger sangat menarik dimanapun dia berada, di jalan di rumah bahkan di trek balap.
Dibawah kap mesinnya terdapat mesin yang sudah ditingkatkan keluarannya oleh Kia berupa mesin bensin 2,0 liter turbo, injeksi  langsung (T-GDI), 4 silinder dengan tenaga luar biasa 315tk.
Tentang 2014 Soul
Bisa dilihat bahwa ini benar-benar konsep yang segar, 2014 Soul telah berubah dengan rangka lebih kaku, lebih panjang dan lebih lebar dari Soul sebelumnya. Soul baru dengan ukuran lebih besar mampu membawa penumpang lebih banyak demikian pula dengan ruang bagasinya dimana tingkat NVH  (Noise, Vibration, Harshness)   menurun tajam. Penambahan torsi dan penyempurnaan suspensi membuat 2014 Soul tetap gesit dan lincah merambah keramaian dan kemacetan lalulintas diperkotaan.