Brembo Brake, Produk Baru Untuk BMW M3 Dan M4

  • Whatsapp

Brembo Brake, Produk Baru Untuk BMW M3 Dan M4_1
Autorev – Brembo adalah produsen terdepan dalam industri rem aftermarket dalam beberapa dekade. Produknya dikenal sebagai produk berkualitas, memiliki tampilan bagus serta banyak dipergunakan oleh para pabrikan sebagai komponen utamanya.
Pada generasi M3 sebelumnya, tipe dasar E6x, rem yang dipergunakan terburuk dari mobil-mobil yang ada. Mobil akan mengalami kegagalan pengereman setelah menjalani beberapa lap dengan pengereman-pengeraman berat. Penggantian model juga dibarengi dengan penggantian rem, hasilnya memang mendapat banyak pujian.
Dengan itu, Brembo memutuskan untuk memberikan alternatif dalam mendapatkan kemampuana pengeraman yang lebih baik. Ada beberapa pilihan yang ditawarkan, kaliper GT berupa rem standar dengan cakram baja dan yang lebih tinggi ada kit kaliper GT-R dengan cakram baja dan terbaru adalah CCM-R berupa sistem cakram karbon dengan kualitas diatas GT dan GT-R.
Kit GT mempergunakan cakram depan berukuran 380x34mm dan belakang 380x28mm dengan ciri khas Brembo berupa sistem cakram mengambang. Kalipernya dibuat secara monoblok, satu yang terkuat yang ada di pembuat rem, memberikan umpan balik yang baik terhadap tekanan di pedal.
Disisi lain, model hasil pengembangan ada GT-R mampu berkerja pada suhu yang lebih tinggi dengan kaliper dibuat langsung dari satu blok baja, seperti yang dipergunakan di Formula 1. Torak yang dipergunakannya pun telah mempergunakan ventilasi.
Terbaik adalah cakram Carbon Ceramic M, merupakan kualitas teratas dan terbaik yang pernah dikembangkan oleh Brembo.  Sayangnya, harganya sangat mahal.
Timbul pertanyaan, apakah layak harga sedemikian tinggi?  Pada model-model yang ada kita sering mendengar kalau cakram yang dipergunakan malah kurang pakem setelah dipergunakan terus-menerus atau setelah rem terkena basah, tapi dengan rem Brembo keluhan itu belum pernah ada.