Mulai Bermain Dengan Listrik dan Multi-Turbo

  • Whatsapp
Mulai Bermain Dengan Listrik dan Multi-Turbo
Autorev – Q5 merupakan SUV generasi kedua dari Audi, saat ini sedang dipersiapkan kehadirannya. Meskipun tidak memiliki pengalamam dikelas ini seperi Land Rover dan BMW, tapi masih bisa berhasil meraih pasar dan menjadi popular di Amerika, Eropa dan Tiongkok.
Sejak Q5 diluncurkan pada 2008, penggantian diharapkan sudah bisa dilakukan dua tahun kemudian. Hingga saat ini proyeknya masih tetap menjadi misteri, termasuk detilnya yang belum bisa diketahui. Tapi menurut beberapa informasi, penggantian akan dilakukan pada 2016, mengambil platform MLB-evo yang lebih ringan berbahan aluminium dan baja yang lebih kuat. Ada beberapa pilihan penggerak  termasuk e-tron dan kemungkinnan “tri-turbo”  untuk mesin V6 TDI.
Saat ini Q5 dibuat dipabriknya di Ingolstadt untuk sebagian pasarnya dan di pabrik Changchun untuk pasar Tiongkok. Dilaporkan pula kalau Q5 akan pula dirakit di Mexico, dimana upah buruhnya lebih murah dan lebih mendekatkan ke pasar Amerika.
Seperti yang dilakukan Audi, pesaingnya BMW pun mengumumkan sedang membuat pabrik di Mexico dengan investasi $1 miliar. Dimana X3 akan bertemu Q5 dipasar Amerika, saat ini Q5 dibuat pula di Spartanburg, Kalifornia selatan.
Q5 e-tron sesuatu yang sangat diharapkan dari sebuah SUV baru. Ini akan menjadi pengganti Q5 Hybrid Quattro lengkap dengan mesin 2 liter turbo bertenaga 250tk serta motor listrik 109tk. Energi listriknya setelah kosong harus dilakukan pengisian dari luar mobil, mirip A3 e-tron.
Tidak hanya satu, beberapa produk Audi lainnya akan menyusul mempergunakan atau sebagai varian e-tron. Seperti A6 yang segera menyusul khususnya untuk pasar Tiongkok kemudian baru Q7 dan A8 yang akan mulai menurunkan buangan CO2 melalui penggunaan tenaga listrik.
Disamping ringan dan efisien, Audi Q5 telah memiliki desian terbaru lengkap dengan lampu LED serta speedometer digital.  Saat ini Audi terus mengembangkan teknologi lampu depan laser untuk produk masalnya dan saat ini baru ada pada produk terbatasnya R8 LMX, sebuah super sportcar.