Mercedes-Benz Sprinter, Sistem Pengurang Pengaruh Angin Samping

  • Whatsapp

Mercedes-Benz Sprinter, Sistem Pengurang Pengaruh Angin Samping
Autorev – Sebagai tambahan pada van terpopuler Mercedes-Benz Sprinter 3.5 t Panel, sebuah perangkat inovatif berupa Crosswind Assist yang juga merupakan standar dari varian 3.5 t Chasis Cab. Sistem ini juga dipergunakan pada van 3.0 t Sprinter Panel dengan jarak poros pendek dan varian atap super tinggi.
Belum setahun sejak Crosswind Assist diperkenalkan pertama kalinya pada segmen van berukuran besar bersamaan dengan peluncuran Sprinter terbaru. Kini fokusnya telah bergeser dimana, semua varian akan mempergunakannya. Kini perangkat inovatif ini sudah menjadi perangkat keselamatan standar untuk berbagai varian.Teknologi ini merupakan salah satu dari lima sistem keselamatan yang ada pada Sprinter sebagai mobil teraman dikelasnya.
Hal sama juga dipergunakan pada Sprinter berpenggerak 4 roda 3.5 t termasuk varian van Panel dan Traveliner serta Chasis Cab. Seperti diketahui kalau Chasis Cab mempunyai permukaan cukup kecil yang mungkin dihembus angin dari sebelah sisinya, beda dengan box dengan permukaan lebih besar, oleh karenanya sistem dibuat sesuai dengan bentuk dan ukuran bodi setiap varian.
Crosswind Assist akan menghitung semua parameter seperti kecepatan mobil, beratnya, dan karakteristik pengendaraan. Semua sensor yang ada akan mendeteksi gejala yang terjadi akibat hembusan angin dari samping –sering terjadi saat melaju diatas jembatan atau saat menyalip truk—dimana perangkat akan aktif pada kecepatan mulai dari 50mpj.
Reaksi yang diberikan oleh sistem ini adalah dengan melakukan pengereman roda via ESP dibagian sisi yang dihembus angin. Gerakan oleng akibat terpaan angin akan diantisipasi oleh bekerjanya sistem di sisi terjangan, dengan demikian kemungkinan terjadinya gerakan keluar jalur bisa berkurang dengan sangat nyata.

Pos terkait