Sport Car On The Track, Renault Alpine Sport 2016

  • Whatsapp
Sport Car On The Track, Renault Alpine Sport 2016
Autorev – Dipenghujung 2012, Renault  pembuat mobil dari Prancis mengumumkan untuk bermitra dengan pembuat mobil sport dari Inggris, Caterham. Rencana Renault akan menghidupkan kembali mobil-mobil sport masa depannya termasuk menghidupkan kembali citra mobil sport Alpine. Walaupun pada akhir tahun ini kerjasama keduanya akan berakhir, tapi mereka tetap berkomitmen untuk meluncurkan mobil-mobil sport terbaiknya.
Berdasarkan kerjasama yang saling menguntungkan antara Renault dan Caterham, akhirnya Renault mengambil alih sebagian perusahaan mitranya agar lebih fokus dalam membangun mobil sportnya. Sekarang Renault bekerja sendiri dalam mengembangkan mobil sport Alpine yang akan diluncurkan pada 2016 nanti. Dan Caterham pun bisa lebih fokus mengurus mobil-mobil sport produknya.
Produksi Alpine akan dilakukan dipabrik asalnya di pabrik Renault Dieppe di utara Prancis. Saat ini, pabrik tersebut merupakan tempat perakitan bodi dan rangka untuk mobil-mobil sport terbaru.
Dalam hal desain, spesifikasi, dan desain interior Alpine telah siap sekitar 90%. Semuanya akan selesai pada musim panas tahun ini. Terlihat bahwa Renault sangat antusias  dan serius dalam mengembangkan mobil sport yang satu ini. Bernard Oliver, seorang eksekutif Renault menyatakan kalau kunci dari Alpine adalah:  Gaya, kenikmatan dan semangat sebuah dari sebuah mobil sport.
Apa yang akan ditampilkan Renault pada Alpine terbarunya?
Pada 2012 lalu Renault telah mencoba menampilkan sebuah mobil konsep dengan nama Renault Alpine A110 50.  Alpine A110 50 terinspirasi oleh pendahlunya Alpine A110 Berlinette yang diproduksi pada 1960 dan 1970. Tentu saja generasi terbarunya telah dilengkapi perlengkapan baru pula. Mobil dengan sosok coupe ini dibuat sangat ringan dengan mesin tengah, berupa mesin 4 silinder  turbo yang bisa melontarkan tenaga antara 250 hingga 300 tenaga kuda.
Uniknya, sejak 2013 Renault telah menghembuskan akan kehadiran kembali Alpine terbarunya di dunia motor sport. Tahun lalu, Alpine kembali berhasil meraih kemenangan di Le Mans. Tahun ini hadir lebih baik dengan podium di balap 24 jam Le Mans pada kategori LMP2.