Byson Jakarta Exploride Jawa-Bali-Madura

  • Whatsapp

Byson Jakarta Exploride Jawa-Bali-Madura
Mengawali agenda turing kuartal terakhir tahun 2013, Byson Jakarta Exploride (B-Jax) mengadakan turing gabungan bersama YBBC (Yamaha Byson Bekasi Club), Banteng (Byson Tangerang Adventure), BRIC (Byson Riders Independent Cikarang), YBKC (Yamaha Byson Karawang Club) dan Bysic (Indramayu)
Konsep turing yang mengusung tema “exploride Jawa-Bali–Lombok-Madura” adalah mengunjugi anniversary BRAM (Byson riders Arek Malang) dan BRC (Byson Riders Club) Bali, menyambangi tempat wisata dan silaturahmi dengan komunitas motor.
“Tujuanya untuk mempererat persaudaraan dan meng-explore kemampuan berkendara, serta mengenalkan produsen yang mensuport turing kita,” ungkap Ferry, Ketua Umum B-Jax. Sebelumnya berangkat motor pacuan B-Jax terlebih dulu di lakukan service, penambahan cairan anti ranjau paku M-One, penggantian filter udara dengan Ferrox, gear set Sinnob dan menambahkan 9 Power untuk penyempurnan pengapian.
Rombongan berjumlah sekitar 25 motor ini merupakan kloter terakhir dari tiga kloter yang berangkat sebelumnya. Bertolak dari Bekasi (9/10) pukul 24.00 wib menuju lokasi anniversary BRAM, Malang dengan check point pertama untuk rehat dan mengisi bensin di Indramayu melaui Pantura. Sekaligus menjemput kawan dari Bysic.
Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan target istirahat di Semarang dengan terlibih dahulu singgah di Pemalang untuk berkunjung di Byonic Pemalang. Sebelumnya Byson pacuan Ferry terpaksa masuk bengkel Byonic Tegal untuk membersihkan karburator. Karena tersumbat kotoran, disinyalir kotoran masuk tangki saat mengisi bensin. Setelah sekitar satu jam disetting ulang perjalannan dilanjutkan menuju check point kedua di SPBU Kendal, Semarang.
Seusai solat magrib, dari Kendal rute menuju Malang dipilih jalur alternatif melaui Boja hingga tembus di daerah Gombel mengarah Sragen dan istirahat plus sarapan pagi di Kediri. Melintasi jalur bervariasi daerah piggiran kota melintasi hutan milik Perhutani dengan jalur berliku dan curam. Rute sengaja dipilih mengingat panjangnya konvoi serta mengenalkan jalur baru. Mengexplore skill berkedara sekaligus untuk menguji kualitas dari produk pendukung.
Setelah Rehat Rehat dan isi bensin di Kediri, Pagi hari memasuki kota Apel melalui Batu. Jalanan berkelok dan tikungan tajam yang menantang membuat rider tidak mengantuk. Disambut dan beristirahat di lokasi acara anniversary BRAM (Byson Riders Arek Malang).
Sore hari rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bali dengan pengawalan dari BRAM. Sekitar 35 Byson mengular menuju Pantura menyambangi check point di Pasuruan. Kelar sholat magrib, kembali penunggang kebo besi menuju Paiton, Situbondo untuk mengisi bensin. Disini bergabung dengan kloter sebelumnya sehinga jumlahnya 60 Byson.
Memasuki Taman Nasional Baluran, kecepatan dipertahankan sekitar 50 km/jam untuk menjaga agar rombongan tidak sampai ada yang terpisah mengingat kawasan hutan cukup rawan di malam hari. Memasuki area parkir penyeberangan Ketapang, disini bertemu berbagai komunitas tidak hanya berasal dari Byson yang akan menyeberang ke Bali. Ratusan Byson terparkir cukup menyita perhatian. Memasuki kapal, rombongan dibagi beberapa kloter sesuai kapasitas muatan kapal.
Perjalanan menuju Denpasar, terlebih dulu istirahat sejenak di Rambut Siwi untuk mengisi ‘tangki’ biker sekaligus menunggu pagi. Menyusuri jalur yang mengarah ke Tabanan dipagi hari disuguhi jalur menantang. Jalanan mulus aspal baru ditambah kombinasi tikungan dan tanjakan dengan bonus pemandangan menarik pulau Dewata membuat decak kagum rombongan. Sampai di Tabanan rombangan disambut BRC Bali untuk beristirahat.
Agenda di Bali hari pertama mengikuti city turing bersama komunitas Byson dan komunitas roda dua lainnya mengelilingi kota Denpasar dan sekitarnya. Malam harinya mengikuti prosesi perayaan puncak anniversary BRC dan BRAM di Gedung Nari Graha, Renon, Denpasar. Selepas acara anniversary, rombongan berkeliling Denpasar menikmati suasana malam Minggu.
Hari berikutnya rombongan yang terbagi beberapa kloter menikmati keindahan tempat wisata pulau Seribu Pura, tak lupa mencicipi tol Mandara. Di pantai Pandawa, perwakilan dari B-Jax , Fery dan Begenx didaulat untuk memberikan pembekalan calon angota baru daru BRJ dan BRIC.
Dengan pembagian kloter untuk tujuan Lombok dan Madura dan Bromo, B-Jax yang kebagian menyambangi Bali dan menyeberangi jembatan Suramadu hingga Madura mendapat pengawalan dan beristirahat di BRJ (Byson Riders Jember), Byson Semeru Club Independent (BSC) Lumajang dan Byonic Sidoarjo.
Kembali menuju Jakarta melintasi Patura tak luput mampir di berbagai kawan komunitas motor. Asyiknya merchandise dari pendukung acara turing menjadi incaran kawan komunitas. Perjalanan turing berjalan lancar dengan zero accident, 20 Oktober. Dibalik wajah yang terlihat penat semuanya selamat sampai kediaman masing-masing dengan membawa berbagai cerita indahnya meng-explore diri dengan rasa kebersamaan.