Kawasaki Akan Luncurkan Model Retro Klasik Scrambler atau Cafe Racer?

image_37182_DSC_2155Pekan depan, tanggal 14 Januari 2019, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan meluncurkan motor baru, seperti undangan yang masuk ke redaksi autorevindonesia.com.  Tidak ada keterangan apapun motor baru yang akan diluncurkan, hanya keterangan waktu dan tempat saja. Penasaran, kali ini autorevindonesia.com mencoba menerawang motor apa yang akan menjadi pembuka gebrakan KMI di tahun 2019.

Pada penghujung tahun 2018, Kawasaki membuat kejutan dengan perubahan harga pada Ninja 250 SL yang banderolnya setara motor sport 150cc. Rangkaian peluncuran ditutup dengan menghadirkan model baru Ninja 250 dan Ninja ZX6R  di ajang  IMOS .

Trus kira-kira apa yang akan diluncurkan oleh KMI? Jika diterawang, model naked Z250 dan Z125 sejak kelahirannya belum mendapatkan sentuhan yang bikin greget. Kemungkinan ini yang akan dilaunchinng.  Sedangkan keluarga KLX sudah dapat sentuhan pada coraknya, begitu juga W175. Meskipun mulai  marak motor imut kemungkinan KSR tidak akan kembali lagi menemani Z125.

Sementara Kawasaki W175  saat ini sedang menjadi primadona para penyuka modifikasi motor beraura klasik. Kawasaki  masih melenggang sendirian disegmen ini.  Intip saja, Yamaha, Honda dan Suzuki yang menjadi merk sepeda motor pilihan konsumen Indonesia terlihat belum menyentuh market  yang masih punya potensi sangat besar untuk dikembangkan.

Meskipun pada pameran GIIAS 2018, Viar Motor Indonesia sudah mengirimkan sinyal dengan memamerkan dua model klasik, Vintech 200cc dan 250cc sepertinya pasar masih belum merespon baik. Viar juga masih terkesan belum serius memasarkan dua jagoan barunya tersebut. Jauh sebelum Viar perkenalkan model klasik, SYM pernah memajang SB300 model klasik Scrambler pada hajatan PRJ tahun 2016. Ada beberapa pemain di segemn motor klasik seperti  Soib yang sempat agresif di segmen ini , sayangnya terlihat kurang sukses menggoda konsumen. Begitu juga dengan Royal Enfield dan Benelli dengan 3 modelnya yang masih terdengar belum sesukses Kawasaki.

Sebelum W175, Kawasaki sudah memasarkan Estrella 250 dari tahun 2014. Model klasik yang diprediksi bakal meraih sukses, sekarang sudah pensiun digantikan W250. Maraknya model klasik menimbulkan pertanyaan apakah Estrella akan hadir kembali dengan wajah baru atau Kawasaki akan menambah varian baru keluarga W175?

Jika ditelisik dari sepanjang pameran tahun 2018 yang diikuti KMI dari PRJ hingga IMOS  selalu hadir model retro yang dibangun dari W175. Dan jika diperhatikan, model retro hasil rumah modifikasi ini selalu menjadi menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung booth Kawasaki. Jadi, apakah pekan depan KMI akan meluncurkan model retro klasik  dalam wujud varian baru seperti Scrambler atau Cafe racer untuk menambah jajaran keluarga W175 seperti model yang dipamerkan sepanjang tahun 2018?  Jawaban pastinya saat prosesi launching.

Bagaimana Menurut Anda

www.autorevindonesia.com 2014-2017