Toyota Avanza Masih Jadi Favorit Konsumen

image_36616_Foto-1Industri mobil bekas di Indonesia diprediksi akan terus tumbuh hingga tahun 2021. Hal ini disebabkan munculnya platform jual/beli mobil online serta partisipasi perusahaan pembiayaan dalam memfasilitasi kredit untuk membeli mobil bekas. Ditambah lagi peraturan pelat mobil ganjil/genap oleh pemerintah, mendorong masyarakat cenderung memiliki dua mobil dengan pelat nomor.

Munculnya berbagai macam variasi permintaan mobil bekas menjadikan OLX turut merasakan imbas dari geliat industri ini. Lebih dari 5,5 juta pembeli yang mencari mobil di OLX, setiap tahunnya. Permintaan datang dari Jabodetabek dan kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Makasar.

Dari sisi suplai, OLX menawarkan jenis, merek, harga mobil bekas yang sangat bervariasi. Data internal OLX memperlihatkan bahwa delapan dari sepuluh mobil yang dijual online, terdapat di platform iklan baris online ini.

Avanza 2“Kecepatan menjual dan jangkaun yang luas, menjadi alasan pengguna untuk menjual mobilnya di OLX,” tutur Olaf van Schagen, General Manager OLX Indonesia.

Hampir setiap tahunnya, terdapat 6 juta iklan mobil, di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/diler. Hingga tahun ini, terdapat lebih dari 9.000 diler mobil bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil dagangannya.

Dari sisi pembeli, Avanza adalah mobil yang paling banyak dicari oleh calon konsumen. Khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Selain itu, harganya tejangkau dan efisiensi bahan bakar. Harga jual Avanza di OLX mancapai Rp110 – Rp180 juta rupiah. Stok Avanza di PLX tinggi, karena harga jual stabil, meskipun telah digunakan selama tiga hingga lima tahun. Urutan kedua ditempati Honda Jazz dipasarkan dengan harga Rp105 – 180 juta rupiah di OLX, dan banyak dijual di Jabodetabek, Surabaya, Untuk menginformasikan tentang fokus bisnis terbaru ini, OLX meluncurkan kampanye #PusatnyaMobil pada awal Oktober 2018 lalu.

Bagaimana Menurut Anda

www.autorevindonesia.com 2014-2017