Tata Jelajah Pasar Nusantara 2018 Tiba di Jakarta

image_35327_IMG_20180809_170022Perjalanan Tata Super Ace HT 1400 cc diesel dan Pikap Tata Xenon HD 3000 cc diesel yang ditemani Tata Xenon Double Cabin (DC) 4×4 finish di BSD, Tangerang dengan selamat.  Tata Jelajah Pasar Nusantara 2018 (Tata JPN 2018) merupakan aksi unjuk performa dan daya tahan kendaraan Tata Motors dengan jarak tempuh tidak kurang dari 2900 km dari Aceh hingga Jakarta.

Perjalanan ini, membawa misi mengkampanyekan peran pasar  tradisional kepada generasi milenial di tengah gempitanya pasar online. Banyak cerita dan pengalaman yang menarik dari Tata JPN 2018 yang menarik dan layak dibagi kepada masyarakat Indonesia.

Target lintasi 7 pasar tradisional di Sumatera yang menjadi sandaran kesejahteraan bagi para pedagang  dan merupakan sentra kebutuhan masyarakat di tiap propinsi telah berhasil dilintasi dan diajak bercengkerama oleh team Tata JPN 2018.

image_35326_Tata-Jelajah-Pasar-Nusantara-02

Team Tata JPN 2018 yang dominan diisi oleh Senior Jurnalis bidang otomotif baik yang masih aktif dan tidak aktif atau telah menjadi professional trainer safety driving dan konsultan ahli ekspedisi kendaraan jarak jauh ini juga melibatkan driver kendaraan niaga profesional dengan jam terbang di atas 20 tahun. Merekalah pelaku perjalanan ini yang menjadi saksi tangguhnya kendaraan pick up Tata Motors, khususnya Tata Super Ace HT dan Tata Xenon HD.

Catur Wibowo, wartawan dan instruktur Safety Driving Bandung memparkan, sejak Pasar Peunayong hingga Siantar, karakter jalan banyak didominasi jalan lurus. Namun ketika harus melalui Siantar menuju destinasi Danau Toba, saya sempat khawatir. Jalur ini jadi ujian tersendiri bagi Tata Xenon HD. Jalannya agak sempit di bawah standar ukuran akses ke tempat wisata. “Selain itu, saya ditunggu tikungan tajam yang di beberapa lokasi tertentu dibarengi tanjakan curam dan turunan dengan sudut kemiringan hingga 30 derajat,”ujar Catur.

Soelistiyono, Wartawan Senior yang menahkodai Tata Xenon HD mengungkapkan Jalur Lintas Timur Sumatra yang kita lintasi merupakan jalan utama yang lengkap untuk sebuah tes kendaraan. Kami mampir di beberapa kota dengan lalulintas yang padat di antaranya. Seperti Banda Aceh, Binjai, Pekanbaru, Jambi dan Lampung yang kondisi lalu-lintasnya macet mirip Jakarta.

“Di jalur macet, dimensi Super Ace HT tidak masalah. Dimensi pikap Xenon HD yang lumayan bongsor pun selalu berhasil lolos dari  himpitan. Jalan sempit juga kami lahap tuntas saat harus menerobos pasar yang penuh lapak di kiri kanan. Seperti Pasar Peunayong, Lhokseumawe hingga Pasar Tavip, Binjai,”tutur Soelistiyono.

Bagaimana Menurut Anda

www.autorevindonesia.com 2014-2017