AHM Ajak Media Bedah Mesin All New CB150 StreetFire dan New Honda Sonic 150R

DSC_3149Autorev-PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak rekan jurnalis untuk membedah daleman mesin dan teknologi yang dipasang pada produk terbarunya. All New CB150 StreetFire dan New Honda Sonic 150R. Bertempat di Astra Honda Training Center, Selasa (18/08) kegiatan yang berlangsung satu hari penuh diikuti oleh 20 rekan jurnalis dari berbagai media terbagi menjadi dua sesi, teori dan praktek.

Bedah teknologi kali ini sekaligus sebagai jawaban dari AHM terkait penyematan New pada kedua jagoan baru Honda ini. “Keduanya memang meggunakan mesin dengan tipe yang sama. Perbedaan terletak pada ECU (Electronic Control Unit) dan setingan knalpot,” terang AHM Handy Hariko, Senior Manager Technical Training AHM.

Winaryanto, Technical Service Division AHM memaparkan berbagai penyempurnaan pada mesin yang digunakan pada kedua sepeda motor tersebut sehingga mempunyai keunggulan sebagai next generation sport engine 150cc yakni memiliki karakteristik ouput fleksibel, meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, mempunyai level kenyamanan tinggi, tampilan desain dengan fungsi keindahan dan perawatannya mudah.

“Efek karakteristik output fleksibel yang dirasakan oleh pengendara adalah pengendalian kedaraan menjadi lebih lincah, terutaman pada lalu lintas padat tetapi tetap bertenaga saat dipakai perjalanan jauh,” ungkap Winaryanto.

Guna mendapatkan karakter tersebut, dilakukan inovasi teknologi untuk meningkatkan tenaga mesin, menaikkan torsi pada putaran rendah dan menengah serta pembenahan pada sistem aliran udara intake dan exhaust.

Untuk meningkatkan mesin tenaga mesin dilakukan penyempurnaan pada ruang bakar, struktur klep dan sistem pendinginan. Sedangkan untuk menaikkan torsi pada putaran rendah dan menengah ruang mesin dirancang dengan konfigurasi mesin mendekati square.

Pada sistem sistem aliran udara intake pembenahan diterapkan pada bagian saringan udara dan sistem PGM-FI dan O2, sementara dibagian sistem exhaust inovasi diberikan pada bagian exhaust muffler dan sudut kemiringan mesin.

DSC_3008Konfigurasi mesin pada All New CB150 StreetFire dan New Honda Sonic 150R mendekati square dengan perbandingan ukuran diameter dengan langkah piston 57,3 x 57,8mm. Sebelumnya pada CB150 StreetFire memiliki tipe mesin over bore dengan ukuran diameter x langkah torak sebesar 63,5 X 47,2mm.

“Keuntungan menggunakan mesin konfigurasi square adalah meningkatkan torsi pada putaran rendah dan menengah, efisiseinsi konsumsi bahan bakar yang tinggi dan efisiensi pada jumlah komponen,” papar Winaryanto.

Bagaimana Menurut Anda

www.autorevindonesia.com 2014-2017