Penerangan Sistem LED Honda Menjadi Trendsetter

Honda-PCX-headlight-1024x768Autorev-Beberapa fitur-fitur pada sepeda motor Honda memang sukses menjadi trendsetter. Misalnya pengaplikasian  lampu yang sudah berteknologi Light Emittiong Diode (LED)!

Motor Honda yang sudah menerapkan teknologi LED ini adalah New Vario 110 FI,  All New PCX 150, dan Vario 125/150 terbaru. Dan untuk kedepan diperdikasi Honda bakal menambah jajaran produknya yang dipasang penerangan LED.

Sebenarnya penerapan lampu LED sebagai penerangan utama pada sepeda motor bukan hal baru. Namun penerapan LED yang memang sudah standarnya dari pabrik Honda sudah lebih dahulu.

LED sebenarnya sebuah komponen alias perangkat padat dan keras sehingga memiliki daya tahan yang cukup lama. Selain itu LED hanya menggunakan konsumsi daya yang relatif rendah dan usia yang lebih dari 50 ribu jam.

Lampu LED juga memiliki kelebihan dibanding lampu jenis lainnya. Sesuai dimensinya yang kecil, LED juga kecil dalam menyedot arus listrik alias hemat daya listrik dan lebih ramah lingkungan.

Rata-rata pengaplikasian lampu LED memerlukan proyektor karena sifat cahaya LED yang menyebar. Pemasangan proyektor ini bisa diluar reflektor lampu utama alias jadi lampu tambahan, atau dimasukkan ke dalam reflektor lampu utama.

Kenapa tidak lampu yang diaplikasikan Honda tidak menggunakan proyektor? Ini karena reflektor standar motor Honda tidak didesain untuk memantulkan pancaran sinar LED. Malah berbahaya buat pengguna jalan lain terutama dari arah berlawanan. Bisa buta sejenak tuh!

Nah kenapa New Vario 110, All New PCX 150, dan Vario 125/150 tidak pakai proyektor? Ini karena reflektor kedua motor tersebut sudah dari awal didesain untuk memancarkan sinar dari LED dengan sempurna.

Nah kalau ingin mengaplikasikan lampu LED di motor Honda kesayangan sebenarnya sah-sah saja. Hanya saja, garansi kelistrikan tentu hangus, sebab mengubah lampu biasa menjadi lampu LED dijamin bakal mengoprek sistem kelistrikan standar.

Bagusnya, sistem kelistrikan diubah dahulu jadi full DC macam Honda Tiger atau Vario 125. Istilah kerennya di-fullwave dulu. Jadi arus listrik untuk lampu tidak mengikuti putaran mesin. Meski irit daya, lampu LED perlu aliran listrik yang stabil agar tidak cepat rusak Brosis!

Sumber : Honda

Bagaimana Menurut Anda

www.autorevindonesia.com 2014-2017