Indonesia Juara Emma Asia 2014

_TOK4296Autorev – Ajang final EMMA Asia yang berlangsung tanggal 16 November – 30 November 2014 di 7 negara berakhir di Thailand untuk mengumumkan juara Asia. EMMA Asia Series ini cukup unik karena mobil peserta tidak perlu dikirim ke Thailand untuk mengikuti ajang finalnya, namun mereka cukup ikut tanding di masing-masing negara yang menyelenggarakan, yakni

16 November – Asia Finals Japan, bertempat di Fuji Speedway
17 November – Asia Finals Philippines, bertempat di Time Square Cebu
18 November – Asia Finals Philippines, bertempat di West Gate Mall, Filinvest, Alabang Manila
20 November – China, bertempat di Nationals Dongguan Houjie
21 November – Asia Finals China, bertempat di Dongguan Houjie
23 November – Asia Finals Taiwan, bertempat di West Lake Resort Miaoli Taichung Taiwan
25 November – Asia Finals Singapore/Malaysia, bertempat di City Beach Resort,Singapore
27 November – Asia Finals Indonesia, bertempat di Ancol Beach City, Jakarta
29 November – Thailand Nationals Bangkok , bertempat di The Walk Nawamin, Bangkok

Diakhiri dengan final battle yang diselenggarakan tanggal 30 November, Asia Finals Bangkok, dan penyerahan trophi juara bertempat di The Walk Kaset Nawamin, Bangkok

Kelas Master 4K boleh dibilang kelas paling bergengsi di ajang kontes EMMA (European Mobil Media Association) bagi industri car audio di Indonesia. Pasalnya kelas ini kebanyakan diikuti oleh Master Installer yang didukung satu brand saja. Di kelas 4K – kelas 4000 Euro atau sekitar Rp 60.000.000,-  masih memungkinkan dalam satu mobil mengandalkan satu brand untuk perangkat speaker, amplifier, subwoofer sampai kabel. Ini yang membedakan dengan kelas unlimited di mana brandnya campur sari. Boleh dibilang kelas 4K ini kelas yang empuk untuk mendorong produk Sound Quality (SQ). Memenangkan lomba di kelas ini di tingkat Asia seperti Final EMMA Asia akan memberi dampak yang baik bagi industri yang bersangkutan. Karena itu endors distributor menjadi vital untuk menjaga brand image.

Syarat untuk dapat mengikuti final EMMA Asia adalah bahwa peserta sudah pernah memenangkan lomba di kontes EMMA di satu negara, yang disebut dengan kelas QR. Berbeda dengan gelaran Reli yang mobilnya dikumpulkan di tempat yang sama. EMMA Asia memiliki terobosan baru dengan kompetisi antar peserta di Asia tanpa repot dengan urusan birokrasi mengirimkan mobil ke negara tujuan, dengan cara jurinya yang menyambangi para peserta di seluruh Asia.

Indonesia boleh berbangga, karena Team Genetic-Digital dengan mobil Mitsubishi Grandis mendapat tiket untuk melaju ke kelas Final EMMA Asia setelah masuk sebagai juara di Asia Finals Indonesia, yang diselenggarakan di Ancol Beach City, Jakarta. Dan di ajang final, Team Genetic-Digital yang dikomandani Erwin Sugiharto berhasil merebut Juara I Master 4K EMMA Asia 2014, di kelas yang paling bergengsi, mengungguli para Master Installer dari negeri Sakura Jepang, China, Philipina, Taiwan, Singapura/Malaysia, Indonesia dan Thailand.

Erwin menerapkan sistem three-way pada mobil mobil Mitsubishi Grandisnya. Senjata yang digunakan untuk bertempur adalah speaker tweeter Genetic Prelude, midrange Genetic CR3, midbass CR 6.5, subwoofer Genetic 10Z , amplifier Genetic GT 4100 dan kabel RCA Genetic Reference, kabel speaker Genetic Limited Edition.

Memang ada perubahan di mobil ini setelah mendapat tiket Final EMMA Asia. Tweeter yang dulunya menggunakan tweeter AMT diganti dengan dome tweeter Genetic Prelude. “Suara dome tweeter lebih berbobot, ketimbang speaker electro static . Terminal-terminal pada amplifier diganti dengan terminal WBT Next Gen ,” kata Erwin, Juara I di EMMA Asia menjadi kebanggaan Satu Nusa dan Satu Bangsa: Congratulations!

Berikut ini adalah senjata yang dipasang di Mitsubishi Grandis yang memenangkan Juara I EMMA Asia:

Head unit McIntosh MX 5000, Prosessor ARC Audio PS 8 (sekitar Rp 8.000.000,-), Amplifier : Genetic 4100 < 2 pcs> (@ Rp 6.300.000,-), Tweeter Genetic Prelude (Rp 4.300.000,-), Midrange Genetic CR3 (Rp 3.500.000,-), Midbass Genetic CR 6.5 (Rp 4.470.000,-), Subwoofer Genetic 10Z (Rp 3.600.000,-), Kabe RCA Genetic Reference 5m(Rp 7.200.000,-), Kabel Speaker Genetic Limited Edition (Rp 3.350.000,-)

Sesuai regulasi, kabel tidak masuk dalam hitungan budget, komponen yang dihitung adalah head unit, prosesor, speaker, amplifier dan subwoofer.

Hasil Final EMMA ASIA Finals 2014, 4 – Master, Kelas Master 4.000 euro adalah:

1 Erwin (Mitsubshi grandis B, Black) Indonesia Genetic digital audio dengan total nilai 375

2 Han Hua Den (Toyota Rize, Black) China Hua Xin dengan total nilai 369

3 Da Liang Top Music (Nissan Tiida, Red) China Top Music dengan total nilai 368

Bagaimana Menurut Anda

www.autorevindonesia.com 2014-2017