Mengolah Plastik Menjadi Minyak

Mengolah Plastik Menjadi Minyak

Autorev – Bila semua berjalan lancar, Surat di Gujarat adalah Negara pertama yang akan melakukan konversi buangan plastik menjadi minyak dan biji plastik. Yang kemudian bisa dibuat lebih khusus menjadi bahan bakar pengganti di industri, kendaraan, pembangki listrik, boiler dan lainnya.

Surat Municipal Corporation (SMC) mengusulkan sebuah model proyek bernama PPP yang dalam jangka waktu 20 tahun mendatang bisa mengkonversi plastik yang berasal dari sampah perkotaan menjadi minyak mentah dan biji plastik melalui proses canggih dengan teknologi yang dinamakan pyrolysis.

Walau telah ada aturan yang melerang penggunaan kantong plastik setebal kurang dari 40 mikron, tetap akan terjadi gunung sampah plastik diperkotaan yang siap diubah menjadi berlian.

Plastik terbuat dari bahan minyak bumi atau gas alam yang diolah dalam sebuah proses kimia berupa penggabungan molekul kecil menjadi sebuah melekul rantai panjang, terkadang ditambahkan pula beberapa campuran untuk mendapatkan kualitas sesuai yang diinginkan.

Umumnya, bahan yang dipergunakan adalah phthalate dan bisphenol A yang memiliki sifat sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.  Karena plastik asalnya dari bahan bakar fosil dan secara nyata kalau plastik mempunyai kandungan energi lebih tinggi dibanding batubara sekalipun.  Energi terbuang percuma di pembuangan sampah malah berbahaya bagi lingkungan.

Dari data, terdapat sekitar 1.500 ton sampah kota yang dibuang setiap harinya di kota ini, 8% dari tumpukan itu adalah sampah plastik, sebesar 130 ton. Belum lagi sampah plastik dari limbah  industri, komponen kendaraan dan sebagainya.

“SMC adalah perusahaan lokal di negara ini yang mengusulkan sebuah proyek pengubahan sampah plastik menjadi minyak dan biji plastik. Minyak mentah didapat melalui proses pyrolysis yaitu memecah bahan organik dalam sebuah proses suhu tinggi. Hasilnya, minyak bisa dipakai sebagai bahan bakat domestik dan indutri serta kota akan terbebas dari berbagai polutan termasuk sampah plastik,” kata EH Pathan, Solid Waste Manager.

Apa yang direncanakan SMC yang juga mengajak perusahaan lain untuk bergabung dalam karya ini yang rencananya akan diputuskan pada bulan ini .

Bagaimana Menurut Anda

www.autorevindonesia.com 2014-2017